Kurangi Perokok Aktif, Lurah Darmawansyah Luncurkan Program Gusi UBM Di Kelurahan Mampang

KabarPublik- Mampang 

Untuk mengurangi perokok aktif di wilayahnya, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) membuka Gerai Konsultasi Upaya Berhenti Merokok (Gusi UBM) di kantor kelurahan setempat.

Lurah Mampang, Darmawansyah menunjukan fasilitas Gerai Konsultasi Upaya Berhenti Merokok (Gusi UBM) di kantor Kelurahan yang dibuka sejak 1 Oktober 2022.

Ditemui di kantornya, Lurah Mampang, Darmawansyah menjelaskan, Gusi UBM dibuka sejak 1 Oktober 2022 menyikapi hasil riset Dinas Kesehatan Kota Depok bahwa sekitar 77,69% warga Kelurahan Mampang tergolong perokok aktif.

"Untuk menurunkan angka prosentase sebesar 77,68% itu,  kami langsung membuka Gerai Konsultasi Upaya Berhenti Merokok atau dikenal dengan program Gusi UBM di kantor Kelurahan Mampang sejak 1 Oktober 2022," kata Darmawansyah kepada KabarPublik.co.id, Senin (24/10/22).

Menurut dia, sejak dibuka hingga kini banyak warga yang berkunjung di Gusi UBM untuk berkonsultasi mengenai rokok dan upaya berhenti merokok.

Fasilitas ini dibuka, lanjutnya, untuk memberikan layanan konsultasi bagi perokok aktif yang ingin menghentikan kebiasaan merokok, dan warga yang ingin berkonsultasi tentang dampak dan risiko merokok.

"Gusi UBM hanya fasilitas berkonsultasi berhenti merokok, tetapi bila perokok aktif ingin meperoleh cara berhenti merokok, nanti kami akan rujuk warga ke Puskesmas Msmpang untuk diberikan edukasi mengenai bagaimana berhenti merokok," papar Darmawansyah.

Di Gerai Gusi UBM, katanya, ditempatkan sedikitnya dua petugas konseling berasal dari kader kesehatan yang sudah terlatih oleh Puskesmas Mampang.

Dengan  Gerai ini, Darmawansyah berharap, setelah berkonsultasi para perokok aktif nantinya bisa mengurangi secara berangsur-angsur akan berhenti merokok.(jaya)



No comments:

Post a Comment