Demi Kepuasan Warga Lurah Mekarjaya Turun Tangan Bantu Staf Loket Pelayanan Publik

KabarPublik-Mekarjaya
Menyikapi terbatasnya jumlah staf, Lurah Mekarjaya Ahmad Fadhila turun tangan melayani warga di ruang pelayanan publik kantor kelurahan setempat.

Lurah Mekarjaya, Ahmad Fadhila melayani warga dengan sabar dan ikhlas

Kabarnya kantor Kelurahan Mekarjaya setiap harinya melayani warga berkisar 40-50 warga, sementara aparat sipil negara ( ASN) yang ada di kelurahan tersebut hanya lima orang terdiri dari lurah, dua kepala seksi dan dua staf, serta dibantu tenaga suka relawan (sukwan).
Artinya dengan tenaga ASN hanya lima orang, tentu saja tidak sebanding dengan penduduk Mekarjaya yang berjumlah 75 ribu jiwa yang tersebar di 31 lingkungan rukun warga (RW).
Namun keterbatasan staf terutama Aparat Sipil Negara (ASN), menurut Ahmad, menjadi tantangan bagi dirinya bersama staf untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Warga menunggu di ruang pelayanan
"Warga kan ga tau atau ga mau tau berapa jumlah staf kelurahan. Bagi warga yang penting merasa puas bisa terlayani, untuk itu saya bersama para kepala seksi bergantian turun tangan melayani masyarakat yang datang ke kantor kelurahan," kata Ahmad saat kepergok kabarpublik.co.id, Jumat (12/4/19) pagi tengan berada di ruang pelayanan publik kantor kelurahan.
Di loket pelayanam publik Ahmad tidak hanya membantu menyerahkan kartu e-KTP atau surat keterangan, namun juga memberikan keterangan, informasi dan penjelasan yang diperlukan warganya.
"Iya, masyarakat yang datang ke kantor kelurahan dengan berbagai keperluan, sebagai pelayan publik kita harus menerima dan memberikan penjelasan, keterangan dan informasi," ujarnya.
Mengenai berapa tenaga ASN yang dibutuhkan, mantan ajudan Walikota Depok, Kelurahan Mekarjaya membutuhkan sedikitnya empat tenaga ASN.
"Keterbatasan staf tidak membuat mengeluh justru menjadi tantangan dan spirit untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," ujarnya.
Dengan keterbatasan jumlah SDM, ternyata kerja keras selama ini dalam melayani masyarakat telah membawa Kelurahan Mekarjaya meraih berbagai prestasi dan penghargaan--tidak hanya tingkat Kota Depok dan provinsi Jawa Barat, tapi tingkat nasional.
"Semua ini berkat kerja keras dan ikhlas seluruh staf bersama jajaran kelurahan seperti LPM,PKK, Tiga Pilar,RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat, terima kasih untuk semuanya," papar alumni STPN kelahiran Bandar Lampung itu.
Beberapa warga merasa gembira dan senang mempunya lurah yang responsif dan cekapan, tidak seperti di kelurahan lain warga harus menunggu lama.
"Salut pak lurahnya mau turun tangan melayani warga, sehingga tidak membiarkan warga harus menunggu antrean seharian di kantor kelurahan hanya karena staf pelayanan ga ada," ujar seorang itu.
(jaya kamarullah)




Post a Comment

0 Comments