Cetak Perempuan Pengusaha Handal, Kelurahan Cisalak Pasar Gelar Pelatihan Handycraf Bagi WUB Dan UMKM

KabarPublik- Cipas 

Untuk mencetak perempuan pengusaha mandiri dan handal, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis, Kota Depok mengadakan kegiatan pelatihan handycraf tas jinjing bagi Wira Usaha Baru (WUB) dan UMKM setempat di aula kantor Kelurahan Cipas, Selasa (22/11/22).

Dihadapan Camat Cimanggis, Dodi Setiawan, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Cisalak Pasar, Nurhadi memberikan laporan kegiatan pelatihan handycraf satu hari yang diikut pelaku WUB dan UMKM di kantor Kelurahan Cisalak Pasar, Selasa (22/11/22).

Kegiatan pemberdayaan masyarakat hanya sehari itu dibuka resmi Camat Cimanggis, Dodi Setiawan.

Dodi memberikan apresiasi kepada Lurah Cipas, Kustini dan Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Cipas, Nurhadi atas penyelenggaraan pelatihan Handycraf bagi WUB dan UMKM.

Selain mengapresiasi, Camat Cimanggis juga memotivasi para peserta agar lebih bersemangat dan fokus mengikuti kegiatan pelatihan hanya satu hari agar ilmunya bisa dimengerti dan dipahami, sehingga nanti bisa berguna bagi peserta, keluarganya dan masyarakat.

Para peserta pelatihan handycraf tengah mempraktek pembuatan tas jinjing di aula Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (22/11/22).

Lurah Cisalak Pasar, Kustini memgatakan, kegiatan pelatihan handycraf bagi WUB dan UMKM untuk mendukung program Walikota dan Wakil Walikota Depok terkait pencetakan 1.000 perempuan pengusaha dan 5.000 pengusaha baru.

"Alhamdulillah...kegiatan pelatihan handycraf ini mendapat respon positif terlihat dari kepesertaannya kabarnya lebih dari kuota," kata Kustini kepada KabarPublik.co.id, Selasa siang (22/11/22).

 Seusai kegiatan, Kasie Ekbang Kelurahan Cisalak Pasar, Nurhadi foto bersama para peserta pelatihan handycraf  Kelurahan Cisalak Pasar Tahun Anggara 2022 di aula kantor Kelurah Cisalak Pasar, Selasa (22/11/22).

Dia berharap, peserta bisa menularkan keterampilan handycraf yang telah diperoleh dari pelatihan sehari ini kepada anggota keluarga, tetangga dan warga di lingkungan, sehingga nanti bisa bisa lahir para kreator dan inovator di kerajinan handycraf dan bisa menciptakan lapangan usaha baru. Sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran terbuka di wilayah Cipas.

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Cisalak Pasar, Nurhadi menjelaskan, kegiatan satu hari yang dibuka Camat Cimanggis diikuti sebanyak 40.peserta wira usaha baru (WUB) perwakilan setiap RW sebanyak  dua WUB dari 9 RW. Ternyata tadi ada RW yang mengirim 2-3 WUB yang benar-benar masih baru, 

Selain itu ada peserta dari UMKM sebanyak 10 pelaku UMKM, termasuk perwakilan pengurus RT/RW. 

"Alhamdulillah pesertanya lebih dari kuota, hal ini berarti kegiatan hari ini memang direspon positif masyarakat," ujar Nurhadi gembira.

Nurhadi berharap, pelatihan handycraf ini mudah-mudahan menjadi peluang bagi peserta untuk dapat dikembangkan menjadi kegiatan usaha yang bisa memberikan penghasilan tambahan untuk peserta dan keluarganya.

 "Kenapa kita mengadakan pelatihan-pelatihan biar nantinya bisa mengurangi angka pengangguran terbuka," ujarnya.

Melalui kegiatan pelatihan handycraf ini yang umumnya diikuti kaum perempuan, Nurhadi berharap nanti para peserta bisa mengembang keterampilan handycraf ini menjadi kadang usaha, sehingga nanti menopang ekonomi keluarga.

"Jadi mereka tidak hanya mengandalkan penghasilan dari suami saja, Biar mereka di rumah, namun bisa juga produktif, diasah keterampilannya untuk bisa mandiri," tuturnya. (jaya)



No comments:

Post a Comment