Karutan Sambangi PWI, Andi Gunawan: 60% Warga Depok Penghuni Rutan Di Cilodong

KabarPublik- Depok 

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Depok, Andi Gunawan mengungkapkan, sebanyak 60% dari 1.000 orang penghuni Rutan adalah warga Kota Depok.

Selepas bersilaturahmi dan berdiskusi ringan denga para wartawan PWI, Ketua PEI Depok, Rusdi Nurdiansyah menyerahkan copi lembaran UU Nomor 40/1999 tentang Pers kepada Kepala Rutan Kelas 1 Depok, Andi Gunawan, Selasa sore (15/11/22).

Andi mengatakan hal itu kepada sejumlah wartawan selepas pejabat itu bersama sejumlah stafnya menyambangi, bersilaturahmi dan berduskusi ringan dengan pengurus dan anggota PWI Kota Depok di sekretariat PWI Depok, Jl Melati, Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Selasa sore (15/11/22).

"Penghuni Rutan ada sekitar 1000 napi, hampir 60 prosennya warga Kota Depok," kata Andi.

Mengenai jenis kasusnya, Andi mengatakan, umumnya terkait narkoba." Cukup memprihatinkan, bahkan diantarnya masih usia produktif, mereka kan hanya korban," ujarnya.

Sebelum berdiskusi ringan, Kepala Rutan Kelas 1 Depok, Andi Gunawan memperkenalkan satu persatu stafnya kepada pengurus dan anggota PWI Depok, Selasa (15/11/22).

Selain masih usia sekolah, lanjutnya, tidak sedikit ada diantaranya yang menjadi tulang punggung keluarga."Sesuai tugas dan fungsi Rutan sebagai tempat penitipan ya kami melakukan pembinaan agar mereka menyadari dan bertobat dengan berbuat baik, sehingga nanti bisa dibebaskan," tuturnya.

Selama berada didalam Rutan, menurut Andi, seluruh warga binaannya diberikan pembinaan agama, pengetahuan dan pelatihan-pelatihan keterampilan, pertanian, handycraf, dan lain agar mereka menjadi mandiri dan bertanggungjawan setelah keluar dari Rutan Kelas 1 Depok.

Seusai bersilaturahmi dan berdiskusi ringan dengan para wartawan, Kepala Rutan Kelas 1Depok, Andi dan para stafnya foto bersama sebagian pengurus dan anggota PWI Depok, Selasa sore (15/11/22).

"Kami selalu mengingatkan dan meminta agar mereka jangan lagi kembali ke Rutan, tetaplah menjadi anggota keluarga dan warga negara yang baik, tentunya bisa mandiri dengan ilmu yang telah diterima selama didalam Rutan," pinta Andi.(jaya)

No comments:

Post a Comment