Dukung Program Aktivasi KTP Digital,Wakil Walikota Depok Apresiasi Kegiatan Dukcapil Goes To Campus

 KabarPublik- Cimanggis 

Untuk membantu Kemendagri merealisasi target nasional program Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tahun ini sebanyak 50 Juta KTP Digital, Disdukcapil Kota Depok menggelar kegiatan Dukcapil Goes To Campus di Kampus F.8 Universitas Ginadarma, Jl Komplek RTM, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Rabu (5/4/23).

Selepas membuka resmi kegiatan Dukcapil Goes To Campus di Universitas Gunadarma, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, aDirjen Dukcapil Kemendagri, Dr Teguh Setyabudi, Rektor Gunadarma, Prof.Dr aMargianti foto bersama peserta yang telah berhasil mengaktivasi IKD di kampus Gunadarma, Rabu (5/4/23).

Kegiatan Dukcapil  Goes To Campus yang berlangsung di Auditorium Kampus F.8 Universitas Gunadarma dibuka resmi Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono.

Acara pembukaan kegiatan itu dihadiri pula Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementeriaan Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri), Dr Teguh Setyabudi, Rektor Universitas Gunadarma, Prof Dr ES Margianti, Plt.Kadisdukcapil Jawa barat, Iin,  Kadisdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti , perwakilan Disdukcapil DKI Jakarta, Disdukcapil Kabupaten dan Kota Bogor, Camat Cimanggis, Dody Setiawan, Lurah Tugu, Supriyatun serta para pejabat Disdukcapil Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono memberikan sambutan saat membuka kegiatan Dukcapil Goes To Campus di kampus F.8 Universitas Gunadarma, Jl Komplek RTM, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Rabu (5/4/23).

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono memberikan apresiadi dan ucapan terima kepada Dirjen Dukcapil dan Rektor Gunadarma atas terselenggaranya kegiatan Dukcapil Goes To Campus.

Dengan terealisasinya program IKD ini, Imam menduga, kemungkinan pada akhirnya pengguna KTP elektronik fisik akan berkurang. Diakuinya belum lama ini Disdukcapil Kota Depok memperoleh penghargaan dari Kemendagri.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Dr Teguh Setyabudi (foto atas) dan Rektor Gunadarma, Prof Dr. Margianti (foto bawah) memberikan sambutan masing-masing di pembukaan kegiatan Dukcapil Goes To Campus di kampus F.8 Universitas Gunadarma, Jl Komplek RTM, Kelurahan Tugu, aKecamatan Cimanggis, Kota Depok, Rabu (5/4/23).

"Mudah-mudahan program IKD lebih memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada warga Depok. Saya mengapresiadi dan bertetima-kasih kepada Pak Dirjen Dukcapil dan bu Rektor Gunadarna atas suksesnya penyelenggaraan Dukcapil Goes To Campus yang pertama di Kota Depok," kata Bang Imam sapaan akrab  Wakil Walikota Depok itu.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi menjelaskan program Dukcapil Goes To Campus telah dilakukan di sejumlah universitas di beberapa daerah.

Di wilayah Jawa Barat, menurut Dirjen Fukcapil itu,  beberapa waktu lalu diadakan di Telkom University dan Universitas Pendidikan Indonesia. " Hari ini untuk pertama kali  diadakan di Depok dan di Universitas Gunadarma ini." Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Wakil Walikota Depok dan bu Rektor Gunadarma,"  ucap Teguh.

Dia menambahkan, sesungguhnya secara nasional di tahun ini program Aktivasi IKD sebanyak 50 juta dari wajib KTP."Target Aktivasi IKD tahun ini sebanyak 50 juta, mudah-mudah melalui kegiatan Dukcapil Goes To Campus ikut membantu merealisasikan capaian target IKD tahun ini," Teguh berharap.

Harapan Dirjen Dukcapil itu disikapi positif Rektor Universitas Gunadarma, Prof Dr Margianti yang menyatakan, pihaknya terbuka untuk kerjasama dengan berbagai pihak terutama pemerintah, apalagi Dukcapil Gies To Campus program nasional akrivasi IKD.

"Sejarabg ini di era digital saat ini sudah menjadi kebutuhan kita semua, kami mendukung program IKD, semoga lancar dan sukses," ujar Margianti.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti menjelaskan,  kegiatan Dukcapil Goes To Campus merupakan kegiatan sosialisasi program Aktivasi Identitas Kependudukan Digital ( IKD) bagi kalangan intelektual di perguruan tinggi.

"Jadi kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi kalangan intelektual kampus. Ini kegiatan pertama di Kota Depok, dan nabti berlanjut ke kampus lain terutana berikutnya di UI Depok," kata Nuraeni kepada KabarPublik.co.id dan Swara Pendidikan co.id sebelum acara dimulai.

Menurut dia, KTP Digital merupakan versi lain dari KTP elektronik."Selama ini kita kenal e-KTP secara fisik,  sekarang kita mensosialisasikan KTP Digital," kata Nuraeni. (jaya)







No comments:

Post a Comment