Calon Pasien Puskesmas Harjamukti Wajib Cuci Tangan dan Jalani Thermo Scanner

KabarPublik-Cimanggis
Setiap pengunjung Puskesmas Harjamukti,  Cimanggis,  Kota Depok 'wajib' mencuci tangan dengan sabun dan menjalani pengecekan suhu badan calon pasien menggunakan thermo scanner.
Staf UPT Puskesmas Harjamukti menggunakan thermo scanner untuk memeriksa suhu badan dua calon pasien. 

Kepala UPT Puskesmas Harjamukti,  dr. Eni Ernawati menjelaskan,  mencuci tangan dengan sabun dan thermo scanner untuk memastikan setiap calon pasien dalam kondisi tangan yang bersih saat akan berobat di Puskesmas Harjamukti.
Calon pasien wajib mencuci tangan dengan sabun saat akan berobat di Puskesmas Harjamukti. 

"Mencuci tangan dengan sabun ini merupakan bagian dari PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), untuk itu setiap calon pasien harus cuci tangan dengan sabun saat berobat di puskesmas," kata Eni kepada kabarpublik.co.id, Senin (16/3/20).
Setelah mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,  Eni menambahkan, calon pasien menjalini pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan thermo scanner yang dilakukan petugas Puskesmas.

Warga antre berobat di Puskesmas. 
Melalui alat thermo scanner,  jelasnya, secara langsung dapat diketahui suhu badan seorang calon pasien. Apabila hasil thermo scanner calon pasien bersuhu badan 38 derajat celcius, menurut dia,  pasien bersangkutan akan disatukan dengan pasien lain yang bersuhu badan sama.
Untuk itu mulai hari Selasa (17/3/20), Puskesmas Harjamukti 'memisahkan' antara calon pasien yang memiliki penyekit infeksi dan non-infeksi."Terhadap calon pasien bersuhu badan 38 derajat penyakit infeksi dimasukan ke ruang IGD dan langsung ditangani serta diberikan obat kemudian boleh pulang untuk beristirahat yang cukup, " ujarnya.

Kepala Puskesmas Harjamukti itu mengimbau,  warga agar senantiasa melakukan PHBS dalam beraktivitas setiap hari, baik di rumah,  tempat kerja,  sekolah, kampus atau di mana pun berada."Pola Hidup Bersih dan Sehat sudah lama dikampanyekan pemerintah,  namun baru sekarang ini dirasakan penting oleh masyarakat," tuturnya.
Pola Hidup Bersih dan Sehat tidak hanya cukup mencuci tangan dengan sabun,  tapi berprilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.(jaya)



No comments:

Post a Comment