Sekkel Pondokjaya Menutup Kegiatan Penyuluhan Mitigasi Bencana Kebakaran

KabarPublik-Pondokjaya

Kegiatan penyuluhan/ mitigasi penanggulan bencana kebakaran selama tiga hari yang digelar Kelurahan Pondokjaya secara virtual berakhir dan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Kelurahan Pondokjaya, Muhammad, Jumaat pagi (30/7/21).

Lurah Pondokjaya, Mulyadi memberikan pengarahan di kegiatan penyuluhan/ mitigasi bencana kebakaran secara virtual.

Kegiatan pelaksanaan dan penutupan secara virtual itu diikuti para pengurus lingkungan RW dan RT se wilayah Kelurahan Pondokjaya.

Dalam sambutan penutupan kegiatan tersebut, Sekretaris Kelurahan Pondokjaya, Muhammad mengatakan  kegembiraannya dan memberikan apresiasi atas suksesnya kegiatan penyuluhan dan mitigasi selama tiga hari.

Meski hanya secara virtual, menurut dia, antuasijnya peserta mengikuti dan menyimak materi yang disampai para nara sumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

" Untuk itu harapan kami para peserta agar mensosialisasikan kepada masyarakat dan lingkungan ilmu yang sudah diperoleh selama mengikuti kegiatan ini," kata Muhammad.

Selain itu Muhammad mengucapkan terima kasih kepada nara sumber yang telah memberikan pengetahuan, arahan dan bimbingan selama berlangsungannya kegiatan tersebut.

"Atas nama kelurahan Pondokjaya, kami memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapakan terima kasih kepada Pak Gandara Budiana (kepala Disdamkar), Pak Denny Romulo), (Kabid Penanggulangan Bencana), Pak Teddy Hasanuddin (Kabid Penyuluhan Disdamkar) dan bu Nadelia (Kasi Penanggulangan Disdamkar)," ucap Muhammad.

Lurah Pondokjaya, Mulyadi mengapresiasi kerja Sekkel Pondokjaya dan Kasi Pemerintahan Kelurahan Pondokjaya bersama para staf serta panitia pelaksana, termasuk pula Ketua LPM dan Tiga Pilar karena kegiatan penyuluhan mitigasi selama tiga hari berlamgsung sukses, aman, tertib dan lancar.

"Selamat dan sukses, semoga kegiatan yang kita laksanakan ini mendapat berkah dari Allah swt, sehingga bermanfaat demi kemaslahatan warga Pondokjaya, aamiin," ujar Mulyadi.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan, Wendy Saputera selaku panitia kegiatan itu menjelaskan,  Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Kegiatan ini adalah pelayanan pencegahan dan kesiap-siagaan terhadap bencana. Ada dua sub kegiatan,  lanjut Wendy menjelaskan, pertama sub kegiatan penyuluhan dan mitigasi pencegahan kebakaran oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok."Isinya mengenai pengetahuan, pemahaman dan pencegahan masyarakat terhadap kebakaran," ujarnya.

Tapi kalau tidak ada pandemi Covid19,  tutur Wendy, namun sekarang ini dengan adanya pandemi Covid19, sehingga dilarang mengadakan simulasi secara langsung.

"Simulasi tetap diadakan secara live oleh Dinas Kebakaran, namun dikirim kepada kami secara virtual," jelas Wendy.

Menanggapi kegiatan itu, Krtua LPM Kelurahan Pondokjayaya, Hasan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kelurahan simulasi Kebakaran Pondokjaya yang mengadakan kegiatan penyuluhan ini karena penting dan bermanfaat bagi masyarakat. 

"Saya mengapresiasinya dan berterimakasih kepada Pak Lurah, Pak Sekkel dan Pak Wendy atas suksesnya kegiatan penyuluhan mitigasi ini," ucap Hasan.

Begitu pula Ketua Forum RW Kelurahan Pobdokjaya, Lalan Mujlani  menilai kegiatan tersebut sangat penting dam berguna bagi masyarakat dalam upaya pencegahan bencana kebakaran.

"Saya mengikuti kegiatan ini meski secara virtual, banyak ilmu yang kita dapatin dari para nara sumber," kata Lalan.

Hal yang senada juga disampaikan Ketua RW04, Djarot."Alhamdulillah dan terima kasih kepada kelurahan Pindokjaya telah mengadakan kegiatan penyuluhan Mitigasi ini," tuturnya. (jaya)



No comments:

Post a Comment