Agar Warga Ikut Jaga dan Rawat Infrastruktur Lingkungan, Leuwinanggung Gelar Pelatihan K3

KabarPublik-Leuwinanggungg

Guna memberdayakan masyarakat dalam berpartisopasi menjaga dan memelihara pembangunan infrasttuktur seperti drainase atau selokan,  Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Kota Depok mengadakan kegiatan Pelatihan K3 ( Kebersihan, Kenyamanan dan Keindahan) di hotel Kinasih, Selasa (26/10/21).

Lurah Leuwinanggung, Sanan Hidayat mengalungkan tanda kepesertaan kepada seorang peserta kegiatan Pelatihan K3 di hot Kinasih, Selasa (26//10/21).

Kegiatan selama tiga hari (26-28 Oktober 2021) itu dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pemerintahan dan Tramtib Kecamatan Tapos, Tri Sutanto mewakili Camat Tapos, Abdul Mutolib bersama Lurah Leuwinanggung, Sanan Hidayat dengan nara sumber Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan -Jembatan (Jajem) Dinas PUPR Kota Depok, M Bachrun Aziz. Hadir pula Ketua LPM Leuwinanggung, Didin Sutisna.

Mewakili Camat Tapos,  Tri Sutanto, Kasi Pemerintahan dan Tramtib Kecamatan Tapos memberikan sambutan dan arahan dalam.pembukaan Pelatihan K3 tingkat Kelurahan Leuwinanggung di hotel Kinasih, Selasa (26/10/21).

Dalam sambutan dan pengarahan mewakili Camat Tapos, Tri Sutanto memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pelatihan K3 yang dinilai memiliki arti penting bagi masyarakat dalam ikut berpartisipasi menjaga dan merawat fasilitas infrastruktur seperti selokam atau drainasi yang dibangun pemerintah di lingkungan masyarakat.

"Saya perlu mengapresiasi kegiatan ini agar masyarakat ikut pula menjaga dan merawat selokan atau drainase yang ada di lingkungan masing-masing," kata Tri.

Tri mencontohkan,  bila ada selokan atau saluran mampet hendaknya anggota masyarakat apalagi para peserta pelatihan ini pro aktif membersihkan selokan yang mampet."Jangan  cuek membiarkan apalagi selokan dijadikan tempat buang sampah, tetapi hendaknya anggota masyarakat peduli," papar Tri.

Selepas pembukaan, para peserta foto bersama dengan penyelenggara kegiatan dan nara sumber.

Sementara itu Lurah Leuwinanggung, Sanan Hidayat mengatakan,  pihaknya  mengajukan beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat ke Pemkot Depok."Rupanya Kegiatan Pelatihan K3 yang disetujui, berarti kegiatan pelatihan K3 dinilai penting oleh Pemkot untuk wilayah Leuwinanggung," ungkap Sanan Hidayat.

Dengan adanya pelatihan K3,  lanjut Sanan berharap nanti anggota masyarakat terutama para peserta ikut berpartisipasi menjaga dan memelihara sarana prasarana infrastruktur di lingkungan.

"Untuk itu kami berharap selesai pelatihan nanti mereka bisa mengajar ke warga lain yang saat ini belum bisa ikut," ujarnya.

Sebagai nara sumber pada kegiatan itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan -Jembatan (Jajem) Dinas PUPR Kota Depok, M Bachrun Aziz mengatakan, pemeliharaan infrastruktur seperti selokan atau drainase memang sangat penting bagi anggota masyarakat.

Dengan partisipasi masyarakat ikut menjaga dan memelihara infrastruktur yang dibangun pemerintah harapannya agar pembangunan infrastruktur bisa bertahan lama dari segi waktu.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat terutama peserta pelatihan K3 ini marilah mulai sekarang menjaga dan memelihara sarana prasarana infrastruktur seperti selokan atau saluran air atau drainase yang ada di lingkungannya,"  kata Bachrun.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Kelurahan Leuwinanggung, Mujahidin,  selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menjelaskan kegiatan pelatihan K3 berlangsung tiga hari dimulai 26-28  Oktober 2021.

Para peserta pelatihan, menurut Mujahidin, terdiri dari perwakilan RT/RW, Karang Taruna, para kader PKK Kelurahan Leuwinanggung.

"Nara sumbernya dari Dinas PUPR Kota Depok dan DLHK Kota Depok," ujar Mujahidin. (jaya)

No comments:

Post a Comment