Puskesmas Panmas Gelar Kegiatan Pemicuan STBM di Situ Rawabesar

KabarPublik-Kampung Lio

Untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan lingkungan, UPTD Puskesmas mengadakan  Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di tepi Situ Rawabesar, Kampung Lio RW20, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Sabtu pagi (23/10/21).

Petugas Kesehatan Lingkungan UPTD Puskesmas Panmas memaparkan permasalahan kesehatan lingkungan dalam kegiatan pemicuan STBM di Situ Rawabesar, Kampung Lio RW 20 Kelurahan Depok, Sabtu (23/10/21).

Kegiatan itu dihadiri pula Ketua  Kecamatan Sehatan Kecamatan Panmas, Syafril Arsyad, Ketua TP PKK Kelurahan Depok, Ny Audi Wira Saputra,  Ketua RW 20, Agus Supriatna dan tiga ketua RT 02, 03 dan 06, yang sebagian wilayahnya berhadapan dengan Situ Rawabesar.

Dalam penyampaian materi, petugas kesehatan lingkungan UPTD Puskesmas Panmas, Echi Sumiarsi menjelaskan Pemicuan STBM adalah suatu cara mendorong perubahan prilaku hidup higiene dan sanitasi secara individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir dan prilaku dan kesadaran individu atau masyarakat.

Warga RW 20 Kampung Lio menyimak permasalahan  kesehatan lingkungam yang disampaikan tim UPTD Puskesmas Panmas.

"Sedangkan STBM adalah pendekatan yang menekankan pada perubahan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan melibatkan masyarakat sebagai subyek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan," papar Echi.

Menurut Echi, ada lima pilar STBM yakni: Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS):  Cuci Tangan Pake Sabun di air yang mengalir (CPTS): pengaman air minum dsn makan rumah tangga (PAM-RT): pengolahan sampah rumah tangga: pengelolaan air rumah tangga.

"Jadi tujuan STBM mewujudkan prilaku masyarakat yang higeine dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang optimal," tandas Echi.

Ketua Forum Kecamatan Sehat Kecamatan Panmas, Safril Arsyad menilai, masalam kesehatan lingkungan sangat kompleks, namun hal itu bergantung pada budaya PHBS.

"Pemkot Depok selama ini sudah besar perhatiannya pada masalah kesehatan lingkungan, namun kembali pada budaya prilaku hidup bersih dan sehat," ujar Safril 

Menurut Safril, ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, "Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan," pungkas mantan Ketua LPM Kelurahan Depok itu. (jaya).

No comments:

Post a Comment