Palang Pintu dan Rebutan Dandang Nasi Semarakan Pameran UMKM Cipayungjaya 2021

KabarPublik-Cipayungjaya

Tradisi Betawi: seni Palang Pintu dan Rebutan Dandang menyemarakan pembukan pameran UMKM Kelurahan Cipayungjaya 2021 hasil kreasi Demas Production yang dibuka resmi Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kecamatan Cipayung, Suryadi di kebun bibit Kementerian Pertanian RI di belakang kantor kelurahan Cipayungjaya, Kamis pagi (25/11/21).

Dua bocah beradu silat berebutan sebuah dandang menyemarakan pembukaan pameran UMKM Cipayungjaya 2021, Kamis (25/11/21).

Kedua jenis seni budaya Betawi itu hasil kreasi Demas Production sebagai bentuk penghormatan untuk penyambutan tamu yang hendak berkunjung ke pameran UMKM Cipayungjaya.

Sebelum memasuki arena pameran UMKM, rombongan tamu Kecamatan Cipayung yang dipimpin Kasie Ekbang Kecamatsn Cipayung, Suryadi disambut seni pencak sila oleh dua bocah warga RW 10. Kedua bocah itu beradu silat untuk memperebut Dandang yang ada di salah seorang bocah. 

Baliho UMKN Cipayungjaya 2021 menandai pembukaan UMKN Cipayungjaya 2021,  Kamis (25/11/21).

Setelah tuan rumah belum mengizinkan rombongan kecamatan memasuki arena pameran UMKM Cipayungjaya karena belum tahu maksud dsn tujuan tamunya. Sang Mpuhnya rumah kemudian bertanya cara berpantun. Terjadi pantun bersaut antara perwakilan tamu dengsm perwakilan tuan rumah (pameran UMKM.

Camat Cipayung, Hasan Nurdin (batik) dan Mandor Icang menunjukan produk UMKM warga Cipayungjaya berbelanja di pameran UMKM Cipayungjaya, Kamis (25/11/21).

Setelah mengetahui maksud dan tujuan tamu Kasei Ekbang Kecamatan Cipayung, Suryadi hendak meresmik pembukaan pameran UMKM Cipayungjaya 2021, akhirnya perwakilan tuan rumah mengizinkan rombongan tamu memasuki arena pameran tersebut.

Dalam sambutan pembukaan pameranwe UMKM Cipayungjaya 2021, Kasei Ekbang Kecamatan Cipayung, Suryadi  mengapresiasi kantor Kelurahan Cipayungjaya yang menggelar pameran UMKM.

"Saya mengapresiasi kantor Kelurahan Cipayungjaya atas penyelenggaraan pameran UMKM 2021,  apakagi tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid19," kata Suryadi dalam ssmbutannya mewakili Camat Cipayung, Hasan Nurdin, Kamis pagi (25/11/21).

         Lurah Cipayungjaya, Zayadi menyerahkan tropi piala juara pertama kepada perwakilan stand pameran juara pertama, Kamis (25/11/21).

 

Mandor Icang menyerahkan tropi piala juara kedua kepada perwakilan stand pameran juara kedua, Kamis (25/11/21).

Lurah Cipayungjaya, Zayadi menjelaskan, pameran UMKM 2021 yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan guna meningkatkan perekonomian masyarakat Cipayungjaya ditengah pandemi Covid19.

"Kedepannya agar UMKM Cipayungjaya bisa ikut tampil di tingkat kecamatan, kelurahan dan sampai tingkat nasional," kata Zayadi. 

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Cipayungjaya, Roih Soleh menambahkan, pameran diikuti semua perwakilan UMKM dari 10 RW yang ada di wilayah Cipayungjaya.

"Pameran UMKM ini dihadiri perwakilan RW.0 1 sampai RW.10," kata Roih.

Roih menjelaskan, sepuluh stand perwakilan RW menampilkan aneka masakan olahan dan uniknya di stand UMKM RW.04 menjual pakaian dalam yang memang sudah terkenal sejak dahulu, namun kondisi usahanya terpuruk selama pandemi Covid19.



"Usaha konveksi garmen  jenis pakaian dalam tenggelam beberapa tahun ini . Sekarang sudah mulai bangkit lagi lewat rumahan," ungkap Roih.

Menanggapi pameran UMKM itu, tokoh masyarakat Cipayungjaya yang kharismatik, Afrizal yang akrab disapa Mandor Icang mengapresiasi kepedulian Lurah Zayadi bersama para staf Kelurahan Cipayungjaya atas penyelenggaraan pameran UMKM.

"Saya mengapresiasi kepedulian Pak Lurah Zayadi bersama staf kelurahan terhadap keberlangsungan para pelaku usaha melalui pameran UMKM Cipayungjaya, apalagi tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga Cipayungjaya ditengah pandemi Covid19 yang hingga kini belum tuntas," ujar Mandor Icang.

Melalui pameran tingkat kelurahan ini, Mandor Icang berharap, kegiatan para pelaku UMKM bisa meningkat ke jenjang kecamatan dan Kota Depok hingga ke nasional.

"Saya berharap kegiatan usaha para pelaku UMKM Cipayungjaya tidak berhenti di pameran berskala kelurahan saja. Saya juga berharap Pemkot Depok membantu UMKM di Cipayungjaya," kata Mandor Icang.

Untuk memotivasi para pelaku UMKM, Mandor Icang memborong semua produk olahan yang dipamerkan di seluruh stand pameran UMKM Cipayungjaya 2021. Kontan saja para penjaga stand dan ibu-ibu bersorak gembira lantaran seluruh dagangannya habis diborong Mandor Icang.

Produk olahan UMKM yang diborong kemudian dimakan bersama para ketua RT/RW yang menghadiri pameran UMKM Cipayungjaya. (jaya).



No comments:

Post a Comment