Ratujaya Gelar Pelatihan BKB, BKR dan BKL Untuk Penguatan Kampung KB

KabarPublik-Ratujaya

Dalam meningkatkan keaktifan dan kualitas tribina dalam penguatan Kampumg Keluarga Berencana (KB), Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengadakam Pelatihan BKB, BKR dan BKL di Kampung KB selama dua hari (29-30 November 2021.

Lurah Ratujaya, Ahmad Soma (pegang mic) didampingi Kasie Kemaspel Kelurahan Ratujaya, Sanusi membuka.kegiatan pelatohan BKB, BKR dan BKL di kantor kelurahan, Senin (29/11/21).

Dakam ssmbutan mewakili Camat Cipayung,Hasan Nurdin, Lurah Ratujaya, Ahmad Soma mengingatkan, kesetaraan masyarakat dalam program Keluargs Berencana (KB) tidak hanya terbatas pada penggunaan alat kontrasepsi untuk mengendalikan jumlah anak yang diinginkan saja, tetapi program KB harus diartikan secara luas.

          Para peserta antusias mengikuti pelatihan.

Untuk memberdayakan keluarga agar dapat meningkatkan ketahanan keluargany, menurut Soma, keluarga diharapkan ikut berperan serta dalam kegiatan tri bina yakni Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

"Pelatihan penguatan dan pembuatan laporan BKB, BKR dsn BKL adalah meningkatkan keaktifan kualitas kelompok tri bina guna penguatan Kampung KB yang ada di Ratujaya," tandas Soma.

pentingnya kegiatan pelatihan maka para peserta dari perwakilan RT/RW,  PKK dan Karang Taruna hendaknya secara serius dan fokus mengikuti dan menyerap ilmu atau informasi penting yang nantinya bisa ditularkan kepada warga lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini.

"Saya kira para peserta harus bersyukur bisa berkesempatan mengikuti kegiatan ini, di mana tidak semua warga bisa terpilih, untuk itu kami berharap agar ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa ditularkan kepada warga lainnya, sehingga semua bisa ikut merasakan manfaat dari pelatihan ini," kata Soma saat membuka resmi kegiatan pelatihan itu di kantor Kelurahan Ratujaya, Senin (29/11/21).

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspel) Kelurahan Ratujaya, Sanusi menjelaskan, kegiatan pelatihan ini berlangsung duahari yakni Senin dan Selasa (29-30 November 2021) yang diikuti sekitar 40 peserta.

Pesertanya diantaranya, perwakilan LPM, PKK, pengurus Pokja Kampung KB RW 02 dan RW 05, kader PKK RW, pengurus posyandu, lansia dan remaja.

"Sasaran pelatihan adalah peserta nantinya dapat pemahaman tentang Tri Bina dan meningkatkan kemampuan  dalam melaksanakan  tugas pembinaan terhadap BKR, BKL dan BKB," pungkas Sanusi. (jaya)


No comments:

Post a Comment