Panmas Gelar Lokmin Perdana, Camat Saiful Dukung Bidadari Puskesmas

KabarPublik- Panmas

Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) bersama UPTD Puskesmas Kecamatan Panmas menggelar Lokakarya Mini ( Lokmin) Triwulan pertama tahun 2022 di kantor Kelurahan Panmas, Kamis (31/3/22).


Untuk memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi ibu hamil berkonsultasi dengan para bidan secara online, Camat, Kepala UPTD Puskesmas dan Lurah Panmas memperkenalkan Layanan Bidadari kepada peserta Lokmin Triwulan pertama tahun 2022 di Kelurahan Panmas, Kamis (31/3/22).

Lokmin Triwulan pertama yang merupakan kegiatan perdana di Kelurahan Panmas sekaligus diperkenalkan layanan konsultasi online bagi para ibu hamil oleh UPTD Puskesmas Panmas bernama Bidadari (bidan daring, ibu dekat, aman dan nyaman).

Dalam sambutan singkatnya, Camat Panmas, Saiful Hidayat berharap agar seluruh sektor dapat memberikan masukan dan solusi dari permasalahan kesehatan yang ada selama tiga bulan pertama di tahun 2022.

"Saya mengapresiasi kerjasama Kelurahan Panmas dengan UPTD Puskesmas Panmas dalam melaksanakan Lokmin Triwulan pertama tahun 2022, semoga lokmin perdana dapat melahirkan kesepakatan bersama untuk mengatasi semua permasalahan kesehatan di Panmas," kata Saiful.

Peserta Lokmin Triwulan pertama tahun 2022 Kelurahan Panmas menyimak pemaparan dari Nara sumber, Kamis (31//3/22).

Sebelum Kepala UPTD Puskesmas Panmas, Dr Sih Mahayanti menjelaskan, lokmin triwulan pertama tahun 2022 diantaranya mengevaluasi kegiatan-kegiatan tahun 2021,sekaligus membuat program atau perencanaan dan kesepakatan bersama dengan semua yang terkait dalam penanganan permasalahan kesehatan di tahun 2023.

"Alhamdulillah...tahun 2021 untuk gizi buruk sudah tidak ada lagi wilayah Panmas, kecuali stunting dan ODF yang masih terus kami berupaya menuntaskan," kata Dr Sih Mahayanti kepada KabarPublik.co.id dan Kastara.id.

Terkait ODF di Kelurahan Depok dan Kelurahan Panmas, menurut Sih, tidak bisa ditangani sendiri UPTD Puskesmas dengan kelurahan, tetapi harus melibatkan semua sektor, termasuk masyarakat.

Menanggapi ODF di wilayahnya, Lurah Panmas, M Soleh mengatakan, di lingkungan RT04/02 masih terdapat sekitar 18 kepala keluarga (KK) yang rumahnya berada dekat Bantaran kali, sehingga masih membuang hajat ke kali.

"Tapi sudah berkoordinasi dengan sektor terkait diantaranya Dinas PUPR agar diambil langkah preventif," ujar Soleh.

Selain akan mengevaluasi dan membuat perencanaan tiga kedepan, Lokmin Triwulan pertama ini juga memperkenalkan layanan konsultasi bidan online bagi ibu hasil bernama Layanan Bidadari (Bidan Daring, ibu dekat aman dan nyaman).

Camat Panmas Saiful Hidayat memberikan dukungan terhadap inovasi baru UPTD Puskesmas Panmas dalam memberikan kemudahan dan keamanan dan kenyamanan pelayanan bidan kepada ibu hamil.

"Saya mendukung setiap inovasi baru, apalagi untuk kemudahan pelayanan bidan secara online kepada ibu hamil," katanya 

Pencetus inovasi Bidadari,  Hanie Rosiana, Pj Usaha Kesehatan Masyarakat dan PJ poned (ruang bersalin 24 jam) UPTD Puskesmas Pancoran Mas menjelaskanm, menjelaskan, Bidadari ini bertujuan untuk memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamana layanan konsultasi bidan secara online kepada para ibu hamil.

"Melalui layanan Bidadari ini para ibu hamil dapat berkonsultasi dengan bidan-bidan di UPTD Puskesmas Panmas," kata Hanie kepada KabarPublik.co.id dan Kastara.id.

Sementara itu Ketua Forum Kecamatan Sehat Panmas, Syafril Arsyad memberikan apresiasi atas kerja keras dan kerja sama kelurahan dan UPTD Puskesmas Panmas selama ini dalam upaya penuntasan segala permasalahan kesehatan di Panmas.

"Saya mengapresiasi kinerja UPTD Puskesmas Panmas bersama Kecamatan dan kelurahan, sektor terkait serta RT,/RW."Sesungguhnya masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya masalah ODF," kata Syafril.(jaya) 


No comments:

Post a Comment