Untuk Atasi Bahaya Kebakaran, Mekarjaya Gelar Sosialisasi Mitigasi Bagi Warga

KabarPublik- Mekarjaya 

Dalam upaya  peningkatan kualitas layanan bencana untuk siap siaga menghadapi musim penghujan dan bencana lain, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok mengadakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bencana dan mitigasi kepada warga dan satuan perlindungan masyarakat (linmas) di kantor kelurahan, Selasa (16/8/22). 

Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhanii memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bencana dan mitigasi Kelurahan Mekarjaya tahun 2022, Selasa (16/8/22).

Kegiatan selama duahari itu dibuka resmi Camat Sukmajaya, Feri Birowo dan Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhanii. 

Dalam sambutan membuka kegiatan itu, Camat Sukmajaya Feri Birowo mengapresiasi kegiatan yang diadakan Kelurahan Mekarjaya karena kegiatan tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana terutama kebakaran. 

Camat Sukmajaya, Feri Birowo memberikan sambutan dan pengarahan saat membuka resmi kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Mitigasi Kelurahan Mekarjaya tahun 2022, Selasa (16/8/22).

Dengan sosialisasi ini, camat berharap, nanti masyarakat secara mandiri bisa secepat menanggulangi dan menangani bencana kebakaran sambil menunggu petugas dinas kebakaran dan penyelematan kota Depok tiba di.lokasi kejadian.

"Untuk itu saya berharap ilmu dari sosialisasi ini nantinya masyarakat secara mandiri, bergotong royong dapat secepatnya menanggulangi peristiwa kebakaran. Sehingga areal kebakaran tidak meluas," kata Feri. 

Kepala Seksi Penyuluhan dan pecegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Depok, Syarif Hidayat memberikan penyuluhan pentingnya mitigasi, Selasa (16/8/22).

Dia mengingatkan, di musim penghujan saat ini warga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap peristiwa kebakaran. "Tolong diwaspadai bukan tidak mungkin di musim penghujan bisa saja terjadi kebakaran," tuturnya.

Sebelumnya Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhanii mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan ilmu dan keterampilan mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran.

Menurut Nelda, warga perlu mengetahui deteksi dini penanggulangan bencana, untuk itu diharapkan warga agar fokus mengikuti sosialisasi ini.

Camat Sukmajaya, Feri Birowo dan Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia Wardhanii serta kasie Pemerintahan Kelurahan Mekarjaya, Mulyadi foto bersama para peserta sosialisasi penanggulangan dan pencegahan mitigasi, Selasaf (16/8/22).

"Sebab kita tidak tau kapan akan terjadinya bencana,  tapi paling tidak kita sudah mempunyai ilmu untik penanganannya," kata Nelda.

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasie Pem) Kelurahan Mekarjaya, Mulyadi mengatakan, kegiatan sosialisasi mitigasi Kelurahan Mekarjaya berlangsung 15-16 Agustus 2022.

"Karena anggarannya sempit (terbatas), sehingga tahun ini kegiatannya hanya sosialisasi, tidak seperti tahun lalu kita adakan di situ Cilodong. Tapi hari ini kita cukup di sini (Kelurahan) bae," ujar Mulyadi. 

Untuk kegiatan tahun ini, menurut dia, pesertanya berjumlah 30 terdiri dari seluruh pengurus RT dan warga dari RW 19, sementara hari pertama pada 15 Agustus 2022 di lingkungan RW 11.

"Hari kedua ini pesertanya beda orang, dan termasuk anggota Linmas," kata Mulyadi. (jaya)


No comments:

Post a Comment