Untuk Edukasi Warganya, Pondokjaya Gelar Pelatihan Apa Itu Tb dan HIV

KabarPublik- Pondokjaya 

Agar warganya mengetahui dan memahami apa itu Tuberculosis (TB) dan  HIV, Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok menggelar Pelatihan TB dan HIV selama tigahari dimulai, Senin (29/8/22).

Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim memberikan sambutan membuka resmi kegiatan Pelatihan Apa Itu Tb dan HIV yang digelar Seksi Kemasyarakatan Pelayanan (Kemaspel) Kelurahan Pondokjaya, Senin (29/8/22).

Pelatihan itu dibuka resmi Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim. Dalam sambutannya,  Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim mengingatkan pentingnya masyarakat khususnya peserta mengetahui dan memahami apa itu penyakit Tb dan HIV agar tidak tertular dan sekaligus mengobatinya.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini karena kita semua khususnya para peserta kudu tahu dan memahami betul apa itu Tb dan HIV untuk kesehatan kita semua, untuk itu saya meminta perhatian peserta agar fokus mengikuti pelatihan ini,"  tandas Nurman.

Kasie Kemaspel Kelurahan Pondokjaya, Enok Sunengsih memberikan penjelasan mengenai kegiatan pelatihan: Apa Itu Tb dan HIV yang diadakan selama tiga (29-31 Agustus 2022) dimulai Senin (29/8/22).
Mengingat pentingnya pengetahuan kedua penyakit tersebut masyarakat, lanjut Nurman berharap, para peserta agar nantinya bisa mensosialisasi kepada warga di lingkungan, sehingga pengetahuan tentang apa itu penyakit Tb dan HIV juga diketahui warga lainnya.

Karang Taruna ikut sebagai peserta pelatihan Apa Itu Tb dan HIV yang diadakan Kelurahan Pindokjaya selama tiga hari (29-31 Agustus 2022).

"Kegiatan ini sesungguhnya salah satu bentuk perhatian Pemkot Depok tentang penting dan bermanfaatnya bagi masyarakat untuk tahu dan memahami apa itu dan bagaimanaPateeusinya terhadap penyakit Tb dan HIIV," ujar Nurman.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan ( Kasie Kemaspel) Kelurahan Pondokjaya, Enok Sunengsih menjelaskan, pelatihan berlangsung zelama tiga hari (29 Agustus s/d 31 Agustus 2022) yang dimulai hari Senin (29/8/22) dengan diikuti sedikitnya 70 peserta.

Peserta emak-emak antusias mengikuti pelatihan Apa Itu Tb dan HIV yang diadakan Kelurahan Pondokjaya, Senin (29/8/22).

Enok melanjutkan, kegiatan pelatihan Tb dan HIV untuk meningkatkan peran serta lintas sektor dan  pemberdayaan masyarakat dan kelompok masyarakat dan fasilitas pelayanan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Tuberkulosis dan kasus HIV. 

Tujuan diadakan pelatihan ini, Enok tmenambahkan,  warga agar mengetahui dan memahami Apa itu TB dan HIV karena peserta pelatihan adalah perpanjangan tangan ke pada warga atau masyarakat lain yang perlu terlibat aktif sesuai kondisi dan kemampuannya untuk mempromosikan mngenai perilaku hidup sehat (PHBS) dan bagaimna implementasinya.

Seusai pembukaan pelatihan Apa Itu Tb dan HIV, para peserta berpose bersama dengan menyilangkan kedua tangan sebagai simbol HIV di pendopo Kelurahan Pondokjaya, Senin (29/8/22).

Mengupayakan tidak terjadinya stigma dan diskriminasi terhadap kasus TB dan HIV yang ada d masyarakat.

-Membentuk dan mengembangkan warga peduli TB dan HIV.

- Memastikan Warga yang terkena memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.

"Dengan pelatihan supaya tidak minim edukasi mengenai TB dan HIV," jelasnya.

Mengenai kepesertaan, Enok menjelaskan, peserta pelatihan terdiri dari koordinator PPTI dan Koordinator HIV kelurahan Pondok Jaya yang sudah ber SK, Petugas Lapangam PTTI yang sudsh Ber SK, pokja 4 kelurahan, Ketua Rw 01 s/d Rw 07. Kader-kader perwakilan dsri beberapa RW, Kader-kader Posyandu, dan Karang Taruna Kelurahan Pondok Jaya. Babinsa dan Babinkantinmas. (jaya)


-

No comments:

Post a Comment