Untuk Capai Zero ODF, Lurah Herman: Kuncinya Kemauan Dan Keseriusan Warga Depok

KabarPublik- Depok 

Persoalan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) dapat terlaksana 100%, kuncinya pada kemauan dan keseriusan masyarakat untuk mendukung program tersebut.

Selepas membuka resmi, Lurah Depok, Herman Beta foto bersama peserta sosialisasi Perda 8 tahun 2018 di aula  Kekurahan Depok, Rabu (14/9/22).

Ditemui seusai kegiatan Sosialisasi Perda 8 tahun 2018 dan Grebek Helikopter serta Pembentukan Tim Verifikasi ODF tingkat  Kelurahan Depok, Rabu (14/9/22), Lurah Depok, Herman Beta mengakui, hingga kini memang masih banyak warganya di beberapa lingkungan yang membuang air di sembarangan tempat.

Hal itu tentu saja karena beberapa faktor, menurut dia, diantaranya ketika membuat WC, namun saat tanahnya digali baru sedalam 1/2 meter ternyata sudah keluar didalam tanah yang digali.

Selanjutnya sewaktu dibuatkan septi tank komunal, jelasnya, ternyata tidak lahan dan berikutnya ada lahan, namun tanah itu milik PT KAI.

Meski begitu, lanjutnya, Kelurahan Depok tetap akan berupaya melaksanakan ODF, apalagi telah dirapatkan bersama tim dari Pemkot Depok.

"Kami sudah siap melaksanakan ODF di Kelurahan Depok, apalagi kami telah membuat pakta integritas," kata Herman.

Herman menambahkan, sesungguhnya ketiga hal itu untuk saat ini bukan lagi kendala karena sudah ada teknologi tepat guna (TTG) berupa septi tank terapung yang nantinya menjadi solusi.

"Kuncinya sekarang adalah kemauan dan keseriusan masyarakat untuk melaksanakan ODF dengan menggunakan septi tank terapung," papar Herman.

Kepala Seksi  Kemasyarakatan dan Pelayanan ( Kasie Kemaspel) Kelurahan Depok, Shillawati mengatakan, dalam rangka mewujudkan ODF 100%, khususnya di Kelurahan Depok yang kini berjumlah 500-an dilakukan dengan pembentukan lima tim dan membuat pakta integritas.

Dengan telah terbentuknya lima tim nantinya akan melakukan pemicuan individual, sosialisasi Perda 8 tahun 2018, Grebek helikopter dan verifikasi pada tanggal 22 September di RW yang ada di Kelurahan Depok, lanjutnya.

"Semoga dengan giat ini masyarakat Kelurahan Depok sadar pentingnya kebersihan dan kesehatan, sehingga ODF di Kelurahan Depok jumlahnya berkurang hingga mencapai zerro ODF," papar Shilla. (jaya)



No comments:

Post a Comment