Agar Warganya Siap dan Sigap Hadapi Bencana, Rangkepanjaya Gelar Pelatihan Mitigasi

KabarPublik- Rangkepanjaya 

Agar warganya siap dan sigap menghadapi bencana dan musibah, Kelurahan Rangkepanjaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok menggelar pelatihan Tanggap Bencana (mitigasi) di pendopo kelurahan setempat, Senin (24/10/22).

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasie Pem) Kelurahan Rangkepanjaya, Imam Ichsan selaku pelaksana Pelatihan Tanggap Bencana Kelurahan Rangkepanjaya tahun 2022 menyampaikan laporan kegiatan peningkatan kualitas layanan bencana itu di pendopo kelurahan setempat, Senin (24/10/22).

Kegiatan peningkatan kualitas layanan bencana sehari yang diadakan Seksi Pemerintahan Kelurahan Rangkepanjaya dibuka Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Rangkepanjaya, Nur Alam. Pembukaan acara itu juga dihadiri Camat Pancoran Mas (Panmas), Saiful Hidayat.

Sekkel Rangkepanjaya, Nur Alam mengatakan, pelatihan tanggap bencana ini merupakan kegiatan peningkatan kualitas layanan bencana untuk warga agar siap dan sigap dalam menghadapi kemungkinan bencana longsor dan musibah kebakaran. 

"Dengan pelatihan tanggap bencana ini Kelurahan Rangkepanjaya memberikan edukasi kepada warga pentingnya mitigasi bencana," kata Nur Alam.

Seusai menghadiri acara pembukaan, Camat Pancoran Mas (Panmas), Saiful Hidayat ikut foto bersama Sekkel Rangkepanjaya, Nur Alam dan jajaran kelurahan serta para peserta dan nara sumber di pendopo kelurahan Rangkepanjaya, Senin (24/10/22).

Dia menjelaskan, Mitigasi bencana adalah segala upaya untuk mengurangi risiko bencana. Program mitigasi bencana dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasie Pem) Kelurahan Rangkepanjaya, Imam Ichsan menjelaskan, kegiatan pelatihan tanggap bencana Kelurahan Rangkepanjaya tahun 2022 diikuti sebanyak 40 peserta terdiri dari pengurus RT/RW, karang taruna, kader PKK.

"Di musim cuaca ekstrem saat ini diperlukan kesiapan dan kesigapan warga dalam menghadap bencana dan musibah seperti tanah longsor dan kebakaran,  untuk itu kami adakan pelatihan tanggap bencana," jelas Imam kepada KabarPublik.co.id, Senin (24/10/22).

Nara sumber utama kegiatan pelatihan sehari ini adalah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok diantaranya Kabid Penyuluhan dan Pencegahan Disdamkarpel  Depok, Nelson Da Silva, Kepala Seksi Penyuluhan Disdamkarpel, Syarif Hidayat bersama staf diantaranya Sabandi dan Iwan.

Setelah mengikuti pelatihan mitigasi ini, Imam berharap, para peserta terutama pengurus RT/RW mensosialisasi kepada warga di lingkungan masing- masing. (jaya)



No comments:

Post a Comment