Resmikan Bank Sampah Al Ikhlas Mampang, Camat Panmas Ajak Warga Pilah Sampah Dari Rumah

 KabarPublik- Mampang 

Camat Pancoran Mas (Panmas), Zikri Dwi Darmawan kembali mengajak masyarakat terutama warga Kelurahsn Mampang untuk membudayakan pemilahan sampah dari rumah masing- masing.

Ajakan tersebut disampaikan Camat Panmas Zikri Dwi Darmawan saat meresmikan pembentukan dan pengoperasian Bank Sampah Al Ikhlas RW02 dalam rangkaian kegiatan Program Kampung Iklim di RW02, Kelurahan Mampang tahun anggaran 2023, Kamis (6/7/23).

Dia menuturkan, zaman dulu ibu-ibu mengunakan tas keranjang dari anyaman daun pandan sebagai wadah berbelanja di pasar. Namun sekarang ini masyarakat terbiasa menggunakan kantong kresek plastik untuk wadah berbelanja.

Namun dalam penelitian, lanjuutnya, sampah plastik sangat sulit hancur meski sudah puluhan tahun lama terpendam di tanah."Pernah diperlihatkan di medsos  plastik kemasan mie instan tidak hancur didiantara tumpukan sampah, padahal kemasan plastik mie instan itu ekspaernya tertulis tahun 1983,' ungkap Zikri.

Untuk itu pusat perbelanjaan modern, katanya, sekarang ini tidak lagi menyediakan  kantong plastik kresek untuk konsumen.

"Marilah kita memulai memilah sampah dari sumbernya yakni dari rumah tangga. Kalau bukan dari kita sendiri..siapa lagi, kalau bukan dari sekarang... kapa. ? Kita harus mulai dari yang kecil dan mulai dari sekarang," kata Zikri.

Dia merasa prihatin masih banyak orang yang menganggap sampah bukan masalahnya, tapi masalah orang lain dan hal itu menjadi tanggungjawab pemerintah.

"Kalau banyak sampah pemerintah selalu disalahkan. Kok pemerintah tidak mengangkut sampah. Mestinya kita bertanggungjawab atas sampah kita sendiri," tandasnya.

Menurut Zikri,  banyak petubahan iklim disebabkan karena sampah oleh prilaku manusia terkait dengan sampah. Contoh paling nyata membakar sampah yang secara peraturan daerah (Perda) terlarang.

Kenapa dilarang membakar sampah, Zikri menjelaskan, dapat menghasilkan gas CO2 dan banyak lagi zat-zat lain yang dapat merusak ozon atau lapisan bumi dari panasnya matahari.

"Ozon adalah lapisan di langit yang melindungi bumi dari masuknya sinar ultra violet matahari,  nah plastik yang dibakar dapat merusak ozon bumi," paparnya.

Bumi ini membutuhkan perlindungan dari matahari, sebagian sinar matahari itu dipantulkan ozon, namun ada sebagian ultra violet itu masuk ke bumi karena ada sebagian ozon yang bocor.

"Agar ozonnya tidak rusak maka kita oerlu menjaganya dengan tidak membakar sampah, apalagi sampah plastik, iya memang perubahannya bukan hari, tetapi ratusan tahun, tapi mulai dari sekarang kita menjaga demi menyelamatkan anak dan cucu kita nanti," ujarnya.

Rumahorbo selaku Pejabat Pembuat Komitme (PPK) Kelurahan Mampang, mengatakan, kegiatan Program Kampung Iklim selama tiga hari dimulai sejak hari Selas (4/7/23). Hari pertama diawali pembinaan Bina Lingkungan, hari kedua pembentukan kelembagaan Proklim dan hari

"Peresmian Bank Sampah al Ikhlas RW02 hari ini merupakan rangkaian acara kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) RW02 tahun anggaran 2023, kemaren sore juga diadakan pelatihan pekarangan rumah lestari," kata Sudir yang akrab disapa Opung.

Menurut dia, kegiatan itu dihadiri pengurus LPM dan ketua BKM para ketua bank sampah RW2, 7,8 dan 9, ketua RT/RW, pengurus TP PKK Kelurahan Mampang dan Karang Taruna RW02 serta warga setempat.(jaya).


No comments:

Post a Comment