Pradi Himbau Warga di Depok Tingkatan Kewaspadaan Terhadap Bencana

KabarPublik-Margonda

Menyikapi informasi BMKG soal Indonesia berada di garis Cincin Api ( Ring of Fire), warga termasuk penghuni gedung tinggi di Kota Depok dihimbau  untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap bencana yang terjadi. 
 Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna bersama Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar memeriksa berbincang dengan sejumlah relawan bencana.
Himbauan itu disampaikan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Banjir di lapangan Balaikota Depok, Rabu (09/01/2019).
Pradi meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana karena  informasi dari BMKG menyebutkan bahwa Indonesia berada di garis cincin api "Ring Of Fire".
"Kita harus waspada dan antisipasi jika terjadi bencana. Termasuk perhatian terhadap keberadaan gedung tinggi di Depok, " kata Pradi.
Daerah rawan bencana di Kota Depok, menurut dia,  adalah wilayah pinggiran aliran sungai, terutama pemukiman yang letaknya lebih rendah dari sungai, sehingga sering terjadi longsor dan banjir. 

"Ada juga bencana lainnya seperti angin puting beliung kerap terjadi di Kota Depok," ucapnya.
Untuk mengantisipasi bencana, lanjut Pradi,  Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyiagakan ratusan personil  penanggulangan bencana bekerjasama dengan TNI, Polri, SAR, Tagana dan lainnya.

"Kami siapkan tim kesehatan sebanyak 35 orang di seluruh puskesmas,  mereka stanby semua dan siaga jika terjadi bencana," tuturnya.
Selain tenaga kesehatan, juga disiapkan personil dari dinas lain seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Damkar, dan lainnya.
"Kita sudah siapkan anggaran untuk bencana setiap tahunnya.  Termasuk partisipasi aktif dari para ASN dan masyarakat," tandas Pradi.
Sementara itu, Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar menjelaskan digelarbya apel  pasukan penanggulangan bencana dimaksudkan untuk mengecek kesiapan pasukan
dalam menghadapi bencana.
Dandim juga mengimbau seluruh komponen di Kota Depok beserta masyarakat lainnya untuk bersama-sama menyiapkan diri baik mental dan fisik untuk menghadapi segala kemungkinan bencana yang akan terjadi.
" Bencana dapat terjadi sewaktu waktu dan tidak ada yang menginginkan datangnya bencana. Namun jika bencana terjadi kita sudah siap untuk  menanganinya, " tegas Dandim.(jay)

No comments:

Post a Comment