Setelah Kotak Pengaduan Berbasis Aplikasi, Tahun Ini Walikota Depok Memperkenalkan Fasilitas Baru Ruang Kendali Kota


KabarPublik-Margonda
Berbagai inovasi terus diciptakan Pemkot Depok dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja dan mencegah tindak korupsi dalam pelayanan publik.
Walikota Depok, Muhammad Idris memberikan keterangan pers terkait rencana pengenalan fasilitas Ruang Kendali Kota atau City Operation Room (COR)  di lantai V Gedung Balai kota Depok.

Setelah tahun lalu launching kotak pengaduan online berbasis aplikasi kepada masyarakat. Di tahun ini, inovasi baru pelayanan informasi publik bakal diperkenalkan Pemkot Depok yakni  Ruang Kendali Kota atau City Operation Room (COR)  di lantai V Gedung Balai kota Depok.
Walikota Depok, Muhammad Idris, didampingi Wakil Wali,kota Pradi Supriatna,  Kapolres Depok Kombes Pol Didik S dan Dandim 0508/Depok Letkol. Inf. Eko Syah Putera S,  meninjau fasilitas terbaru yang berada di lantai V Balaikota Depok, Selasa (8/1/2019).
Walikota mengatakan, Seluruh aktivitas dan kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD)  di Kota Depok, segera dapat dipantau langsung dari ruang kendali kota atau City Operation Room (COR)  di lantai V Gedung Balai kota Depok.
“Jadi seluruh aktivitas dan kegiatan pegawai, staf maupun pejabat terlebih berkaitan pelayanan langsung ke masyarakat nantinya dapat langsung terpantau diruang COR di lantai V Gedung Balaikota,” kata Walikota. 
Menurut Walikota, ruangan tersebut dilengkapi layar monitororing yang akan terhubung langsung ke sejumlah kantor OPD, serta puluhan tempat pelayanan masyarakat secara langsung yang dapat dilihat aktivitas atau kegiatannya.
Ruang ini untuk memudahkan pemantaun dan berkoordinasi dengan instansi terkait atau OPD yang ada, lanjutnya. 
 “Memang masih belum semua OPD yang terhubung dengan COR dan secepatnya tengah dituntaskan kelengkapan IT nya, ” ujarnya.
Tidak hanya dilengkapi peralatan IT, tapi ruang COR juga ditempatkan sejumlah petugas untuk mantau aktivitas diseluruh OPD yang nantinya akan menjadi evaluasi terhadap kinerja jajaran tersebut.
Ruang COR ini sekarang baru tersambung atau terintergrasi ke ruangan Area Traffic Control System (ATCS) di Dishub,  Pemadam Kebakaran, Nomor Tunggal Panggilan Darurat,  call center, jajaran Satpol PP dan Dinkes untuk pelayanan kesehatan. “Nanti di semua OPD akan tersambung. Kita tengah melengkapi sarananya, ” ujarnya.  (jay)

No comments:

Post a Comment