Nyok Bangkit Ditengah Pandemi Covid19, Pondokjaya Gelar Pelatihan UMKM

KabarPublik-Depok

Untuk meningkatkan para pelaku UMKM yang maju, bangkit, dan berdaya saing menuju Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera, Kelurahan Pondok Jaya , Kecamatan Cipayung menggelar pelatihan aneka olahan produk makanan lokal berbahan dasar singkong dan jagung tahun 2021 di hotel Bumi Wiyata (BW), Depok, Rabu (16/5/21).

Menandai pelaksanaan pelatihan UMKM, Lurah Pondokjaya, Mulyadi mengenak klemek kepada perwakilan peserta pelatihan di hotel Bumi Wiyata, Rabu (16/6/21).

Dalam.sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Plt Camat Cipayung, Hassn Nurdin mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan Kelurahan Pondokjaya."Saya mendukung dan memberikan apresiasi kepada.Kelurahan Pondokjaya yang memberikan solusi bagi warganya untuk tetap bangkit ditengah pandemi covid19," kata Hasan Nurdin.

Plt Camat Cipayung, Hasan Nurdin memberikan sambutan dan membuka resmi pelatihan makanan olahan berbahan dasar.lokal berupa singkong dan jagu untuk para UMKM yang diadakan Kelurahan Pondokjaya, Rabu (16/6/21).

Hasan Nurdin yang juga Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cipayung mengharapkan agar peserta memiliki jiwa wirausaha, semangat dan berkreasi."Tanpa dimulai dari jiwa wirausaha dan semangat rasanya akan sulit.untuk dapat mengembangkan kegiatan usahanya pasca mengikuti pelatihan ini," tandasnya.

Sebelumnya dalam sambutannya, Lurah Pondokjaya, Mulyadi mengharapkan para.peserta agar lebih antusias, fokus dan tidak merasa bosan mengikuti pelatihan selama tiga hari.

Sekkel Pondokjaya selaku Panitia Pelatihan, Muhammad melaporkan maksud dan tujuan kegiatan pelatihan tersebut.

"Jangan disia-siakan kesempatan dan waktunya selama tiga hari mengikuti pelatihan. Nyok Bangkit ditengah Pandemi Covid19. Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini bisa menjadi usaha, sehingga bisa menopang dan meningkatkan perekonomian keluarga selama pandemi covid19," kata Mulyadi.

Pembukaan pelatihan itu ditandai penyerahan secara simbolis kaos dan clemek kepada perwakilan peserta oleh Lurah Pondokjaya bersama Ketua  TP PKK Kelurahan Pondokjaya, Anita Mulyadi.


Mulyadi menambahkan, para peserta pelatihan ini agar tidak sampai di sini saja, tapi ikuti pelatihan makanan olahan dari para pembimbing dari Disperindag Kota Depok agar menjadi pengolah makanan tradisional di rumah yang dapat dikembangkan. “Kalau tidak mengerti tolong tanyakan langsung kepada para pembimbingnya,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pelatihan, Muhammad melaporkan, kegiatan yang dibiaya dari APBD Depok ini diikuti sebanyak 35 peserta dari unsur PKK, Karang Taruna dan pelaku UMKM warga Pobdokjaya.

"Alhamdulillah semua peserta telah hadir, pelatihan olahan bahan dasarnya dari singkong dan jagung," kata Muhammad yang juga menjabat Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pondokjaya.

Sementara Ketua tim penggerak PKK Pondok Jaya Anita Mulyadi mengatakan, dari peserta 35 peserta pelatihan UMKM ini, diharapkan ada satu atau dua orang yang berhasil jadi pelaku bisnis dan nantinya memberikan kepada adik-adiknya untuk menjadi UMKM berhasil di Pondok Jaya ini.

Anita juga mengatakan bahwa dalam program pelatihan UMKM bersinergi dengan PKK, dan karang taruna, kebanyakan para UMKM di Pondok Jaya sudah berhasil, makanya sebagai Ketua tim penggerak PKK, dirinya berharap agar Karang Taruna punya usaha sendiri setelah mengikuti pelatihan olahan makanan di masa pandemi ini. (jaya)

Post a Comment

0 Comments