Meriah..! Pelantikan DPD PPSI Depok di Rumah Iman Yuniawan

KabarPublik - Pondokjaya

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pencak Silat  Indonesia (DPW PPSI) Jawa Barat, Galih Santika Fadilakusumah secara resmi melantik Sarjuni atau Ki Sarjun sebagai Ketua DPD PPSI Kota Depok bersama pengurus lain masa masa bakti 2022-2027 di kediaman pembina DPD PPSI Depok, Iman Yuniawan di wilayah Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Sabtu (19/3/22).

Disaksikan Ketua Pembina DPD PPSI Depok, Iman Yuniawan (kanan), Ketua Umum DPW PPSI Jabar, Galih Santika Fadilakusumah menyerahkan pataka PPSI Jabar kepada Ketua DPD PPSI Kota Depok, Sarjuni seusai dilantik secara resmi di kediaman Iman Yuniawan, Sabtu (19/3/22).

Pelantikan yang cukup meriah itu diawali seni palang pintu dan pengalungan bunga melati kepada rombongan Ketua DPW PPSI Jabar, Galih Santika Fadilakusumah yang akan memasuki  arena acara.

Pantun bersautan dan atraksi adu silat dari pendekar perwakilan tamu dan tuan rumah semakin mewarnai keseruan dan kemeriahan acara pelantikan di halaman rumah Iman Yuniawan tersebut. 

Ketua DPW PPSI Jabar, Galih Santikan Fadilakusumah memberkan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus DPD PPSI Depok yang baru dilantik, Sabtu 19/3/22).

Ketua Pembina DPD PPSI Kota Depok, Iman Yuniawan memberikan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus DPD PPSI Depok yang baru dilantik, Sabtu 19/3/22).

Tampak hadir diantaranya, Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim, perwakilan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata  perwakilan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporyata Kota Depok, Dana Priyatna, Ketua LPM Pondokjaya, Hasan, anggota Babinkamtibmas, Aiptu Purwoko, Anggota Babinsa Juwuno.

Sebelum mengambil sumpah dan melantik, Ketua DPW PPSI Jabar, Galih Santika Fadilakusumah menanyakan apakah ketua terpilih bersama pengurus lain bersedia untuk dilantik menjadi pengurus dan siap mengemban tugas menjaga dan melestarikan PPSI Kota Depok.


Seusai penandatanganan dan penyerahan surat keputusan DPW PPSI Jabar kepada Ki Sarjun, Santika memberikan ucapan selamat dan menitip pesan agar PPSI dijaga nama baik dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi yang dapat merugikan keluarga besar PPSI, pemerintah dan masyarakat.

"Saya tegaskan PPSI dibentuk dan dilahirkan para pendahulu kita untuk tujuan mulia, bukan untuk gagahan. Untuk itu, saya minta pengurus yang baru dilantik berbangga karena mendapat kepercayaan para anggota, jagalah pencak silat ini sebagai warisan budaya Indonesia," tandas Galih.

Seusai resmi dilantik menjadi Ketua DPD PPSI Kota Depok, Ki Sarjun memperagakan seni pencak silatnya di acara tersebut, Sabtu (19/3/22).

Dia berharap, pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia dapat dimasukan ke kurikulum sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan."Harapan kami pencak silat ini bisa diajarkan kepada para siswa di sekolah-sekolah, untuk itu harapan kami bisa masuk kedalam kurikulum,"  ujarnya. 

Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim mengapresiasi atas pelantikan kepengurusan DPD PPSI Kota Depok,apalagi berlangsung di wilayah Pondokjaya.

Menurut Nurman, pencak silat merupakan khazanah budaya bangsa Indonesia yang lahir dan tumbuh dari tanah air Indonesia, sehingga mendapat tempat di masyarakat termasuk di Kota Depok.

Salah satu atraksi pencak silat di acara palang pintu saat penyambutan tamu di pelantikan pengurus DPD PPSI Kota Depok di rumah Iman Yuniawan, pembina DPD PPSI Depok, Sabtu (19/3/22).

"Apalagi visi Kota Depok: Maju Berbudaya dan Sejahtera, saya kira Pemkot Depok selama ini memfasilitasi kegiatan seni budaya nasional yang ada di Depok," kata Nurman.

Dua pendekat silat tengah berdua silat di acara palang pintu saat penyambutan tamu di acara pelantikan pengurus DPD PPSI, Sabtu (19/3/22).

Tokoh masyarakat Pondokjaya, iman Yuniawan merasa senang dan gembira atas pelantikan kepengurusan DPD PPSI Kota Depok di kediaman.

Mantan Ketua LPM Pondokjaya beberapa periode itu menuturkan, pembentukan DPD PPSI Kota Depok di rumahnya bermula dari Ki Sarjun meminta kesediaan dirinya untuk menjadi pembina PPSI Depok dari sekitar 30 sanggar pencak silat yang ada di Depok.

"Demi untuk melestarikan seni budaya pencak silat yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia saya pun bersedia untuk ikut melestarikannya PPSI," pungkasnya. (jaya).






 








































No comments:

Post a Comment