Penuhi Kebutuhan Ramadhan, Camat Sukmajaya Resmikan Baktijaya Berkuliner 2022

KabarPublik-Baktijaya 

Dalam meningkatkan potensi UMKM lokal, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok menggelar Bazar Jelang Ramadhan bertajuk Baktijaya Berkuliner 2022: Bela-Beli Produk Lokal Baktijaya yang akan berlangsung di seluruh lingkungan Rukun Warga (RW) mulai 3-14 April 2022.

Didampingi Lurah Baktijaya, Raden Iwan Herukusumah, Camat Sukmajaya, Ferry Birowo menggunting pita peresmian Baktijaya Berkuliner 2022 di lapangan Galileo RW17, Sabtu petang (2/4/22).

Dalam sambutan pembukaannya, Camat Sukmajaya, Ferry Birowo mengapresiasi kerjasama Kelurahan Baktijaya dengan pelaku UMKM dan stakeholder lain dalam penyelenggaraan Baktijaya Berkuliner 2022.

"Semoga kegiatan bazar ini dapat dirasakan manfaatnya bagi pelaku UMKM lokal Kelurahan Baktijaya dsn masyarakat, apalagi bazar ini akan berlangsung selama bulan Ramadhan, sehingga bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuh menu berbuka puasa," tutur Camat Sukmajaya.

Lurah Baktijaya, Raden Iwan Herukusumah menjelaskan, Baktijaya B.erkuliner Tahun 2022 adalah kegiatan lanjutan dari baktijaya berkuliner tahun 2021. "Program kegiatan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat murni Kelurahan Baktijaya yang tidak menggunakan dana kelurahan," kata Iwan.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Baktijaya, Efraim Panggeso menjelaskan,  Baktinya berkuliner dilaksanakan di setiap RW yang ada di kelurahan Baktijaya yang bertujuan untuk 

1. Meningkatkan perekonomian melalui umkm dari tingkat bawah yaitu RW dan RT

2. Mencari potensi dari produk produk yang akan diunggulkan menjadi produk unggulan Kelurahan Baktijaya

3. Mengurangi dampak perekonomian akibat pandemic covid 19 

4. Menyambut bulan suci Ramadhan

Kegiatan Baktijaya Berkuliner 2022 selama dua minggu bertujuan diantaranya untuk meningkatkan potensi UMKM lokal Kelurahan Baktijaya, dan sekaligus untuk mencari jenis kuliner yang bisa menjadi produk kuliner andalan Baktijaya.

"Apalagi jelang bulan Ramadhan pembukaannya, sehingga momennya pas untuk bisa menyediakan menu berbuka puasa," kata Efraim kepada KabarPublik.co.id, Sabtu (2/4/22).

Kegiatan Baktijaya Berkuliner 2022: Bela dan Beli Produk Lokal Baktijaya, menurut dia, pembukaannya dipusatkan di Lapangan Galileo RW 17 dimulai 3-14 April 2022 di lahan fasos-fasum seluruh lingkungan Rukun Warga (RW) di wilayah Baktijaya.

Hingga hari Sabtu pagi ini (2/4/22), lanjutnya, pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) lokal terdaftar sekitar 150-an yang tersebar hampir di seluruh RW."Peserta bazar adalah pelaku UMKM lokal di setiap lingkungan RW. Kegiatan bazar ini dari, oleh dan untuk masyarakat," kata Efraim.

Kegiatan Baktijaya Berkuliner tahun 2022 diperlombakan di setiap bazaar, dgn kategori :

1. Nilai omzet

2. Kreativitas

3. Kebersihan

4. Produk unggulan.

Acara pembukaan yang berlangsung Sabtu sore (2/4/22) dihadiri pula sejumlah Anggota DPRD Depok diantaranya M. Suparyono, Hengky st, Azhari, hadir pulae perwakilan DKUM, Ketua Asosiasi umkm Kota Depok, Ketua UMKM Kelurahan Baktijayakelurahan baktijaya dan Ketua LPM Baktijaya.j (jaya)




No comments:

Post a Comment