Melatih Disiplin dan Tanggungjawab, SDN Pitara 2 Depok Gelar Lomba Upacara Bendera Bagi Para Siswa

KabarPublik- Pitara

Untuk mendidik kedisiplinan dan leadership bagi para siswanya, SDN Pitara 2, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok menggelar lomba Upacara Bendera antarkelas dan kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu, Sabtu (13/8/22). 

Salah seorang siswa peserta Lomba Upacara Bendera antarkelas di SDN Pitara 2 tengah membaca teks Pancasila, Sabtu (13/8/22).

Didampingi Ketua Panitia HUT ke 77 RI SDN Pitara 2 Pitara 2, Chandra dan Ketua Komite Sekolah SDN Pitara 2, Bambang S,  Kepala sekolah (Kepsek) SDN Pitara 2, Nurma Yuniarti menjelaskan, lomba Upacara Bendera antar kelas merupakan rangkain kegiatan dalam menyambuta HUT ke 77 RI di SDN Pitara 2. 

Dalam memperingati Hari Pramuka, SDN Pitara 2 mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu di sekolah, Sabtu (13/8/22)

Lomba Upacara Bendera ini, menurut dia, bertujuan melatih keberanian, kedisiplinan dan tanggungjawab kepada anak didik dalam mengemban suatu tugas.

"Upacara Bendera terlihat suatu kegiatan yang sederhana, tapi sesungguhnya mengadung arti penting bagi seorang siswa karena untuk menjadi seorang petugas upacara bendera dibutuhkan persiapan latihan dan kedisiplinan dan dituntut rasa tanggungjawab yang tinggi dari anak didik yang menjadi petugas upacara bendera di sekolah.

"Jadi dibutuhkan mental dan keberanian, kedisiplinan dan tanggungjawab serta kerjasama, kekompakan dari para petugas upacara bendera, sehingga mengundang rasa kagum dari yang melihat karena di upacara bendera ada juga keindahan dsn kekompakan," tandas Nurma diamini Chandra dan Bambang S.

Chandra menambahkan, kegiatan Lomba Upacara Bendera ini dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT ke 77 RI di SDN Pitara 2, yang khusus bagi para perwakilan kelas 4,5,6.

"Alhamdulillah pesertanya bagus-bagus dalam memperagakan bagian-bagian dari upacara bendera, seperti pemimpin upacara bendera, pengerek bendera dan pembaca teks Pancasila dan lainnya," ujar Chandra.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah SDN Pitara 2, Bambang S memberikan apresiasi atas kegiatan yang sangat positif bagi para anak didik.

"Dengan lomba upacara bendera ini anak didik dilatih kedisiplinan dan tanggungjawabnya dalam melaksanakan suatu tanggungjawab, hal ini tidak cuma di sekolah, tapi nanti sampai mereka dewasa," tutur Bambang.

Masih dihari yang sama, SDN Pitara 2 juga mengadakan perkemahan sabtu-minggu (persami) bagi para siswa kelas 5,6 di sekolah tersebut.

Nurma menjelaskan, kegiatan Persami dalam rangka memperingati Hari Pramuka pada 14 Agustus 2022.

"Tujuan membina dan mendidik kewibawaan dalam pembinaan pindidikan sesuai pelajaran sopan santun dan saling menolong sesama sahabat kerabat di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka," tutur Nurma.

Selain itu untuk melatih anak anak berani dalam hal kebenaran dan meningkatakan kewibawaan serta prestasi dimasa depan. (jaya).

Post a Comment

0 Comments