Lurah Darmawansyah Berharap Forum Anak Mampang Berperan-Aktif Didalam Pembangunan

KabarPublik- Mampang 

Forum Anak diharapkan berperan-aktif dalam proses pembangunan melalui forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kelurahan Mampang. 

Harapan itu disampaikan Lurah Mampang, Darmawansyah saat membuka kegiatan pembentukan forum Anak/Regenerasi Forum Anak Kelurahan Mampang tahun2023, Rabu (2/8/23). 

Menurut Darmawansyah, Forum Anak adalah salah satu indikator Kota Layak Anak, untuk forum anak dibentuk baik di kecamatan, kelurahan hingga tingkat bawah yakni Rukun Warga (RW) Ramah Anak.

"Jangan sampai wadah forum anak sudah terbentuk di kelurahan, tetapi aktifitasnya kurang. Jadi forum anak itu ada dan kehadiran sebagai pelopor, perencana pembangunan dan memberikan informasi penting pembangunan terkait anak-anak di forum Musrenbang kelurahan," tandas Darmawansyah.

Kalau bicara soal pembentukan forum anak Kelurahan Mampang, menurut Darmawansyah, sesungguhnya forum anak telah dibentuk pada tahun 2022 dengan kepengurusan berjumlah 15 anak."Jadi kegiatan hari ini mungkin kegiatan penguatan atau regenerasi Forum Anak Kelurahan Mampang," kata Darmawansyah mengawali sambutannya membuka kegiatan itu di kantor sementara Kelurahan Mampang, Rabu (2/8/23).

Dia menjelaskan, Kota Layak Anak indikator adanya forum anak di tingkat kelurahan dan RW Ramah Anak. Forum Anak selalu dilibatkan dalam setiap ada kegiatan yang terkait dengan anak-anak. Setiap momentum kegiatan terkait anak-anak baik di tingkat rukun warga (RW) atau kelurahan. "Jadi memang kita berikan wadah buat forum anak untuk pendampingan kepada anak-anak pada kegiatan terkait anak-anak," tuturnya.

Darmawansyah menambahkan, forum anak nomenklatornya  selama ini masih mencantol di Kelurahan Layak Anak, belum mencantol di nomenklator tersendiri. "Kepengen kedepannya forum anak diprioritaskan juga, artinya nanti forum anak bisa menjabarkan pelaksanaan kegiatan forum anak. Jadi selama setahun  ini forum anak hanya sebagai pendampingan, misalkan ada kegiatan Posmaja (Posyandu Remaja) maka forum anak masuk memberikan pendampingan, seperti memberikan edukasi kepada remaja di Posmaja,"  papar Darmawansyah.

Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspke) Kelurahan Mampang, Selamet Riyadi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 30 peserta terdiri dari forum anak kelurahan, LPM, PATBM dan karang taruna.

Nara sumbernya: Anis Ayu Wulandari, Koordinator Kota Layak Anak DP3AP2KB Kota Depok dan Reny Mulyani, Ketua Fokla Kecamatan Pancoran Mas.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Mampang, Nalim Saputra mengapresiasi keberadaan Forum Anak di Kelurahan Mampang karena segala bentuk program pemerintah tujuannya cukup baik.

" Cuman...barangkali..bagi pemula-pemula itu kan secara finansial  di lapangan kita butuh apa yang harus  dikerjakan. Kita tahu sekarang ini kan baru bimbingan dan pengarahan, namun ke depannya seperti apa kan kita belum tahu," tutur Nalim. (jaya)




No comments:

Post a Comment