UPT TPA Cipayung Sikapi Tanah Longsor Jelang Hari Jadi Kota Depok

KabarPublik-Cipayung
UPT TPA Cipayung bereaksi cepat menyikapi peristiwa longsor yang terjadi sehari jelang peringatan Hari Jadi Kota Depok ke 20 tahun di Pasir Putih, Sawangan, Jumat (26/4/19).

Tanah longsor baru di Pasir Putih
Kabarnya, hingga kini areal longsor seluas antara 1000-1500 meterpersegi.
Namun peristiwa longsor yang terjadi hari Jumat (26/4/19) itu langsung direspon cepat Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan, Camat Sawangan, Zaenudin dan Lurah Pasir Putih, Ahmad Rifai   meninjau ke lokasi baru longsong di RT 03/02, Kelurahan Pasir Putih.
Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan mengatakan, selain telah meninjau dan memotret lokasi longsor.

Ardan Kurniawan
"Iya, saya sudah ke lokasi dan sudah melapor kepada DLHK Depok, sekaligus berkoordinasi dengan Dinas PUPR Depok untuk tindak lanjut penanganan di lokasi longsor," kata Ardan kepada kabarpublik.co.id, Sabtu (27/4/19).
Menurut Ardan, longsor terjadi karena
cuaca yang ekstrim dan intensitas hujan yang cukup tinggi.
Informasi yang terjadi hari Jumat, menurut warga, sesungguhnya peristiwa longsor itu sudah beberapa kali terjadi dengan areal longsor sudah mencapai 1000-1500m2."Longsor yang terjadi kemaren itu kelanjutan longsor-longsor terjadi selama ini," ujar warga RT03/02, lokasi longsor.
Tanah longsor di wilayah kelurahan Pasir Putih RT 03/02, menurut warga, akibat dampak beban berat menumpuknya sampah TPA Cipayung, sehingga diduga terjadi pergeseran kali Pesanggrahan yang menyebabkan tanah longsor.
Mengetahui kondisi yang sudah sangat memperihatinkan, Camat Sawangan bergerak cepat dengan mengirim surat tanggap darurat kepada walikota, DLHK, dan PUPR untuk segera mengambil tindakan cepat agar longsor tidak meluas ke Jl. Bontong.
"Kondisi saat ini sudah sangat memperihatinkan, dan saya menghimbau kepada dinas DLHK kota Depok dan PUPR untuk segera melakukan tindakan, agar kejadian longsor tambahan tidak terjadi, pasalnya intensitas curah hujan sedang tinggi, saat ini," kata Zaenudin ditemani Ahmad Rifai, lurah Pasir Putih, Babinsa dan ketua RW 02 kepada wartawan di lokasi longsor, Jumat (26/4/19). (jay)

Post a Comment

0 Comments