Walikota Depok Apresiasi Komitmen Pengusaha Retail Kurangi Penggunaan Kantong Plastik


Walikota Depok (kiri) menjabat tangan
 Deputy Branch Manager Alfamart, Siswanto Ariwijaya seusai menerima 1000 kantong belanja ramah lingkungan sebagai komitmen mendukung program pengurangan penggunaan kantong plastik di seluruh outlet alfamaret mulai 1 Maret nanti.

KabarPublik-Kota Kembang
Walikota Depok,  Mohammad Idris memberikan apresiasi yang tinggi atas komitmen para pengusaha retail dalam mendukung program pengurangan penggunaan kantong plastik untuk konsumen yang berbelanja di swalayan atau supermarket, mulai 1 Maret mendatang. 
Apresiasi kepada pengusaha retail itu disampaikan Walikota Depok pada acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, Jum'at (21/2/20).
Walikota mengatakan, untuk mengurangi volume sampah plastik, Pemkot Depok telah membuat surat edaran terkait pengurangan sampah plastik di seluruh retail di Kota Depok, termasuk di pasar tradisional.


Menurut dia,  target umumnya adalah pengurangan sampah harus benar-benar efektif, target khususnya pengurangan penggunaan kantong plastik.
Untuk itu walikota mengajak seluruh retail di Kota Depok menyediakan kantong belanja ramah lingkungan.
" Saya merasa gembira, karena para pengelola retail ikut hadir memperingati HPSN. Untuk itu kami memberikan apresiadi yang tinggi atas komitmen para pengelola retail mendukung program Pemkot Depok soal pengurangan penggunaan kantong plastik," kata Idris.
Sebagai komitmennya,  walikota menyerahkan surat edaran kepada seluruh pengelola retail di Kota Depok. Para pengelola yang hadiri di peringatan HPSN diantara Alfamart,  Super Indo dan Giant. 
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati menambahkan, diperlukan pengawasan terhadap retail-retail di Kota Depok untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik mulai 1 Maret 2020.
"Kami berikan waktu dua minggu untuk masa sosialisasi. 1 Maret 2020 kami pastikan setiap retail sudah tidak menggunakan kantong plastik lagi, kami berharap masyarakat ikut memantaunya, " ujar Ety.
Sebagai bentuk dukungan pengurangan penggunaan kantong plastik, Deputy Branch Manager Alfamart Siswanto Ariwijaya menyerahkan 1000 kantong belanja ramah lingkungan kepada Walikota Depok Mohammad Idris pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Alun-akun Kota Depo
Ditempat yang sama, Deputy Branch Manager Alfamart, Siswanto Ariwijaya mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung apa yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Depok yaitu pengurangan penggunaan kantong plastik.
"Tujuan Pemerintah Kota Depok selaras dengan tujuan kita yaitu mengurangi sampah plastik. Karena itu, kita berikan 1000 kantong belanja sebagai sosialisasi kepada konsumen untuk mulai menggunakan kantong belanja sendiri saat berbelanja, karena mulai 1 Maret 2020 tidak ada lagi kantong plastik di toko kami," tandas Siswanto.
Ia berharap apa yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok yaitu Kota Depok bebas sampah (zero west) bisa terwujud.(jaya)

No comments:

Post a Comment