Sikapi Pandemi Covid19, Kesmas Kelurahan Cisalak Gelar Pelatihan Kudapan Nusantara

KabarPublik-Mekarsari
Untuk menopang perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid19, Kelurahan Cisalak,  Kecamatan Sukmajaya,  Kota Depok mengadakan pelatihan bahan olahan (kudapan/ jajanan tradisional) produk lokal untuk warganya di Wisma Hijau,  Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Peserta pelatihan antusias mengikuti cara membuat salah satu jenis kudapan yang diajarkan oleh nara sumber.
Lurah Cisalak,  Wiyana mengajak,  para peserta untuk fokus dan menyerap ilmu didalam pelatihan bahan olahan produk lokal karena begitu pentingnya bagi peserta dalam menopang perekonomian keluarga di tengah pandemi corona.
"Kegiatan pelatihan ini begitu penting dan bermanfaat bagi peserta untuk bisa mengaplikasi ilmunya untuk membuka usaha,  sehingga perekonomian keluarga bisa bertahan di tengah pandemi corona," kata Wiyana dalam sambutan pembukaan pelatihan bahan olahan produk lokal di ruang Anthurium Wisma Hijau, Rabu (12/8/20).
Lurah Cisalak, Wiyana melihat kudapan produk lokal hasil pelatihan.
Sementara itu Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat  (Kesmas) Kelurahan Cisalak,  Evi Herawati menjelaskan,  pelatihan bahan olahan produk lokal salah satu upaya kelurahan Cisalak dalam membantu masyarakat agar mempunyai ilmu dan keterampilan di bidang olahan produk lokal,  sehingga nanti bisa menjadi usaha keluarga di tengah pandemi Covid19.
Maksud dan tujuan pelatihan bahan olahan produk lokal ini, menurut Evi,  untuk memberikan motivasi kepada warga yang ingin memiliki kegiatan usaha,  dan juga bagi para peserta yang memang sudah punya usaha dapat mengembangkan usaha agar lebih berkembang.
Menurut Evi,  pelatihan dibagi dua angkatan dengan peserta brrjumlah 60 orang. Angkatan pertama sebanyak 30 orang dan angkatan kedua juga 30 orang." Jadi pelatihan 2 x 30 menjadi 60 orang peserta. Anggkatan ke 2 dilaksanakan Rabu & Kamis.besok," katanya.
Didalam acara pelatihan,  jelasnya,  selain pengetahuan membuat bahan olahan produk lokal,  peserta juga diberikan praktek langsung cara membuat beberapa jenis kudapan atau jajanan tradisional atau kue lokal diantaranya lempar berisi daging,  semar mendam,  dan lain-lain.
"Ada banyak jenis kue lokal yang diajarkan di pelatihan ini, tujuannya agar masyarakat kembali mengenal dan melestarikan produk lokal kita,  sebab selama ini generasu muda tahunya produk luar," pungkas.(jaya)


No comments:

Post a Comment