Bakesbangpol Genjot Tingkat Partisipasi Warga Lima Kelurahan di Pemilu dan Pilkada Depok

KabarPublik-Abadijaya 

Untuk meningkatkan  partisipasi pemilih pada Pemilu tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok menggelar Sosialisasi Kelurahan Pemilu tahun 2022 di lima kelurahan ya tingkat partisipasi masyarakatnya rendah di pemilu dan pilkada Depok lalu.

Asisten Pemerintahan dan Umum Setda Kota Depok, Sri Utomo membuka resmi kegiatan Sosialisasi Kelurahan Pemilu tahun 2022 di kantor Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (28/6/22).

Sosialisasi sehari Kelurahan Pemilu 2022 dibuka resmi Asisten Setda bidang Pemerintahan dan Umum Pemkot Depok, Sri Utomo dihadiri pula Kepala Bakesbangpol Depok, Abdurrahman (Abra), Camat Sukmajaya, Ferry Birowo dan Lurah Abadijaya, Sodik Murdiono. 

Seusai menutup resmi kegiatan Sosialisasi Kelurahan Pemilu tahun 2022 di Kelurahan Abadijaya, Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisas Kemasyarakatan (Poldagri Ormas) Bakesbangpol Depok, Ndaru Ferik Prasojo hadiah kepada dua peserta yang menjawab benar kuis tentang pemilu dan pilkada, Selasa (28/6/22).

Ditemui seusai pembukaan sosialisasi itu kantor Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (28/6/22), Kepala Bakesbangpol Depok, Abdurrahman (Abra) didamping Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisas Kemasyarakatan (Poldagri Ormas) Bakesbangpol  Depok, Ndaru Ferik Prasojo mengatakan, lima kelurahan di Kota Depok yang dinilai tingkat partisipasinya rendah adalah Cisalak Pasa (Kecamatan Cimanggis), Kelurahan Mekarjaya (Kec. Sukmajaya), Kelurahan Abadijaya (Kec. Sukmajaya),  Kelurahan Cinere dan Kelurahan Harjanukti. 


Untuk itu Bakesbangpol Kota Depok sudah  melaksanakan  sosialisasi Kelurahan Pemilu di tiga kelurahan, yakni Cisalak Pasar, Kelurahan Mekarjaya dan Kelurahan Abadijaya.

Kegiatan Sosialisasi Kelurahan Pemilu putaran ketiga dilaksanakan Bakesbangpol Depok di aula kantor Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (28/6/22).

Seusai menutup resmi kegiatan Sosialisasi Kelurahan Pemilu putaran ketiga di Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya, Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisas Kemasyarakatan (Poldagri Ormas) Bakesbangpol Depok, Ndaru Ferik Prasojo foto bersama nara sumber dan para peserta, Selasa (28/6/22).

"Sosialisasi Kelurahan Pemilu 2022 bertujuan untuk membangun semangat dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu dan Pilkada mendatang," katanya kepada KabarPublik.co.id, Selasa (28/6/22).

Anggota KPUD Depok, Holil Pasaribu mengungkapkan, tingkat partisipasi masyarakat Abadijaya tergolong rendah di pemilu dan pilkada sebelum."Tingkat partisipasi pemilu warga Abadijaya tergolong rendah," ungkapnya.

Mengenai faktor rendahnya tingkat partisipasi warga Abadijaya, menurut Holil, ternyata tidak terungkap didalam acara Sosialisasi Kelurahan Pemilu tahun 2022.

"Padahal tadinya kami berharap para peserta mengungkapnya," ujarnya.

Namun dia menduga, kemungkinan pada saat hari pencoblosan pemilih berhalangan, seperti sakit, ada keperluan mendadak,. Pandemi Covid19 ikut berpengaruh.

Diminta komentarnya, Lurah Abadijaya, Sodik Murdiono mengakui tingkat partisipasi warganya rendah.

"Kemungkinan sosialisasinya kurang, dan bentuk dan jenis sosialisasi mungkin perlu ditinjau kembali," tutur Sodik. (jaya)

No comments:

Post a Comment