Camat Cipayung: Usulan Program Pembangunan Musrenbang Pondokjaya Harus Selektif

KabarPublik- Pondokjaya 

Menutup seluruh rangkaian kegiatan Musrenbang kelurahan tahun 2023 di wilayah Kecamatan Cipayung, Kelurahan Pondokjaya menggelar Musrenbang di kampus GICI, Jl Citayam, Selasa (17/1/23).

Camat Cipayung, Hasan Nurdin membuka resmi kegiatan Musrenbang Kelurahan Pondokjaya yang merupakan rangkain terakhir kegiatan musrenbang kelurahan di wilayah Kecamatan Cipayung, Selasa (17/1/23).

Camat Cipayung, Hasan Nurdin,  mengatakan, setiap tahunnya pamerintah mengadakan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang)  daerah di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan musrenbang kelima dan rangkain kegiatan terakhir musrenbang yang diakhiri Kelurahan Pondokjaya di wilayah Kecamatan Cipayung." kata Camat Hasan Nurdin.

Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim menyampaikan hasil-hasil kegiatan pembangunan tahun 2022 dan perencanaan pembangunan tahun 2024 di Musrenbang Kelurahan Pondokjaya tahun 2023, Selasa (17/1/23).

Mengingat musrenbang merupakan kegiatan penjaringan dan pengeluaran usulan program pembangunan yang menjadi harapan masyarakat yang akan direalisasikan, kata Camat Hasan Nurdin, kegiatan musrenvang 2023 hendak menyerap udulan masyarakat secara selektif agar nanti dapat terakomodasi didalam musrenbang tahun ini untuk tahun depan.

"Jangan sampai usulan program pembangunan dari warga tidak masuk, harus selektif usulan program pembangunan, apalagi dibatasi untuk menu utama dan pilihannya," ujarnya.

Selain itu yang perlu diperhatikan, Camat menuturkan, usulan program pembangunan tahun lalu di suatu lingkungan yang telah direalisasi agar tahun ini jangan lagi diusulkan fi Musrenbang 2023.

Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim menuturkan, didalam Musrenbang tahun ini lebih difokuskan pada penguatan program Kampung Caraka di lingkungan RW 02.

Menurut Nurman Pemkot Depok melaksanakan program baru di tingkat Rukun Warga (RW) yaitu Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka). Masing-masing Kelurahan wajib memiliki satu RW yang menjadi lokasi khusus (lokus) pelaksanaan program perdana tersebut.

Lurah Nurman menjelaskan, Kampung Caraka adalah kampung yang berada di level RW dengan program lintas sektor terintegrasi. Tujuannya untuk mewujudkan Ketahanan Keluarga (Family Resilience) dan Kampung Cerdas (smart kampung).

"Selama ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang titik beratnya di level kelurahan, kami ingin mengintegrasikannya paling efektif adalah di sebuah lokus, agar jelas terlihat progres peningkatan sumber daya manusianya," jelas Nurman kepada KabarPublik.co.id.

Menurut Nurman, ada delapan kegiatan terintegrasi yang akan berjalan di Kampung Caraka. Di antaranya, Posyandu Multifungsi Digital, Pos Paud, Pusat Konseling dan Informasi Remaja (PIK-R), RW Ramah Anak.

Kegiatan Musrenbang diawali mendengarkan Lagu Indonesia Raya dan Himne Kota Depok, Ketua LPM Pondokjaya, Hasan memulai acara Musrenbang dengan menyampaikan laporan hasil pembangunan fisik tahun 2022.

"Dengan total pembangunan fisik tahun 2022 baik dari bantuan anggota dewan, dana kelurahan dan dana pembangunan. Itu semua hasil-hasil pembangunan tahun lalu, kami mengucapkan terima kasih kepada anggota dewan dan di as teknis," kata Hasan. 

Hadir di Musrenbang anggota DPRD Depok yakni Iman Yuniawan (Gerindra), Yuni Indriati (PDIP) dan Anggota DPR RI, Wenny Harjanto (Golkar). ( (jaya).

No comments:

Post a Comment