Novarita: Waspadai Bahaya Penyakit Tuberkulosis

KabarPublik-Balaikota
Dalam memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak warga untuk mewaspadai bahaya penyakit TB. Sebab penyakit menular ini termasuk satu dari sepuluh penyebab kematian di dunia.
Kadinkes Depok, Novarita memberikan sambutan pada peringatan HTBS di balaikota Depok
“TB termasuk penyakit menular  yang bisa menyebar kepada siapa saja, tanpa terkecuali. Penyakit menular ini juga menjadi salah satu dari sepuluh penyakit penyebab kematian," kata Kepala Dinkes Depok, Novarita, saat ditemui di ruang kerjanya dalam rangka peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS), di Balaikota, Senin (25/03).
Di dunia kesehatan, menurut dia, infeksi penyakit TB masih menjadi masalah global atau nasional.
Novarita memberikan penjelasan kepada wartawan

"Pengobatan TB atau yang sering disebut “flek paru ini tidak mudah dan murah, karena proses penyembuhannya juga bersifat jangka panjang," ujarnya.
Jika, penderita yang tidak ditangani secara tuntas, jelasnya, bisa mengakibatkan kebal terhadap TB dan menyebarkannya penularan kepada orang lain melalui udara.
“Ya harus ada kesadaran masyarakat Depok agar bisa terhindar dari penyakit ini. Yaitu dengan menggunakan masker apabila sedang batuk atau influenza, rajin mencuci tangan sebelum beraktivitas," tuturnya.
Harapannya  Indonesia Bebas TB mulai dari diri sendiri. Yaitu kesadaran untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta berkontribusi aktif dalam menyosialisasikannya," pungkasnya. (jay)

Post a Comment

0 Comments