Idris: Pemkot Depok Berupaya Penuhi Hak-hak Lansia

KabarPublik-Balaikota
Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota Depok terus berupaya dalam pemenuhan hak-hak Lansia termasuk sarana dan prasarana umum serta fasilitas yang ramah Lansia.
Walikota ikut memeriahkan puncak acara HLUN Kota Depok. 
Hal itu disampaikan Walikota dalam memperingati puncak acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Lapangan Balaikota Depok, Minggu (30/6/19).
Walikota berharap melalui kegiatan yang mengusung tema "Semua Lanjut Usia adalah Orang Tua Kita", hal ini lebih memantapkan lansia Depok menjadi lansia yang tangguh, produktif serta memiliki peran di masyarakat dan keluarga.
“Pemerintah Kota Depok terus berupaya dalam pemenuhan hak-hak Lansia termasuk sarana dan prasarana umum serta fasilitas yang ramah Lansia,” kata Idris.
Dia menambahkan, Dalam memaksimalkan upaya peningkatan kesejahteraan sosial yang bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif serta kemandirian dan kesejahteraan para Lansia, demi terwujudnya Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.
Sementara itu Wakil Walikota Depok,  Pradi Supriatna selaku Komisariat Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kota Depok mengatakan,  Pemkot Depok akan memberikan perhatian khusus, terus meningkatkan fasilitas taman rekreasi, ekspresi, dan olahraga warga termasuk sekaligus fasilitas ekspresi bagi para manusia lanjut usia (manula).
Menurut Pradi, Lansia harus terus mengisi sisa usia dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Tujuannya, agar lansia terbiasa mandiri dan tidak menyusahkan anak-anak dan cucu-cucu.
“Pemkot Depok sangat memperhatikan pendahulu kita ini. Orang tua semua ini. Harus kita hormati. Kemajuan Kota Depok saat ini merupakan sumbangsih mareka. Pasti ada peran. Saya sangat menghormati para orang tua ini. Harus kita sayang,” kata Pradi.
Puncaknya Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Lapangan Balaikota Depok yang diselenggarakan Dinas Sosial Kota Depok, berlangsung meraih, Minggu,(30/6/2019), selain di gelar senam bersama yang menarik ialah para lansia di manjakan dengan banyaknya hadiah doorprise dan hiburan musik.
Pradi menuturkan, Pemkot Depok sudah menyediakan fasilitas aktivitas dan sosialisasi disejumlah wilayah kelurahan yang ramah lansia.
“Fasilitas umum dan sosial perlu terus ditambah agar lebih merata sehingga visi kota yang aman, nyaman, dan religius lebih mantap lagi. Generasi yang unggul yaitu generasi yang menghormati pendahulunya,” ucapnya.
Di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kota Depok Usman mengatakan, sebagai kepedulian Pemerintah untuk menggalakkan segala aktivitas lansia dan berdayakan untuk mengkampanyekan lansia tangguh dengan berbagai program sosial program spiritual keagamaan program ke olahragaan dan sebagainya.
"Inilah yang menjadi perhatian kita karena artinya ketika naik angka harapan hidup angka lansia dua (2) tahun yang lalu masih 4 sampai 5% sekarang sudah hampir mendekati 8% dari penduduk kota tapi itu rata-rata adalah usia perempuan usia nenek. Kita juga perhatian olahraga kemasyarakatan juga ternyata menjadi faktor kesehatan mereka," tutur Usman.(jaya)

No comments:

Post a Comment