Citra Medika dan HGA Ditetapkan Jadi Rumah Sakit Isolasi Mandiri

KabarPublik-Depok
RS Citra Medika dan RS Hasanah Graha Afiah (HGA) Depok ditetapkan menjadi rumah isolasi mandiri tanpa dipungut biaya bagi penanganan pasien terinfeksi virus Corona atau COVID-19.
Walikota Depok jumpa pers soal penanganan Covid19.
“Dua rumah sakit ini ditetapkan sebagai rumah sakit isolasi darurat untuk menambah kebutuhan isolasi mandiri masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Idris dalam jumpa pers di balaikota Depok,  Senin (4/5/20).
Idris menambahkan, bagi masyarakat yang ingin isolasi mandiri di kedua rumah sakit swasta tidak dipungut biaya." Gratis.. tidak dilungut biaya,  nanti klaimnya dikirim ke kami," ujarnya. 
Walikota menjelaskan,   penetapan dua rumah sakit tersebut mengacu pada Surat Keputusan (SK) Nomor: 440/121/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang Penetapan RS Umum HGA sebagai Rumah Sakit Dedikasi Penanggulangan COVID-19. Serta SK Nomor: 440/122/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang Penetapan RS Citra Medika Depok sebagai Rumah Sakit Isolasi Darurat Penanganan COVID-19 di Kota Depok.
Untuk itu dikedua rumah sakit swasta,  Walikota menambahkan,  disediakan tempat tidur sebanyak 95 unit dengan rincian  RS HGA sebanyak 16 tempat tidur dan RS Citra Medika 79 tempat tidur.
Kepala Dinas Kesehatan  Kota Depok,  Novarita menjelaskan,  mekanisme memanfaatkan fasilitas isolasi di rumah sakit tersebut yaitu harus memiliki surat rujukan atau rekomendasi dari Puskesmas yang menangani ODP, PDP, dan OTG.
“Jika ada warga yang tidak dapat isolasi mandiri di rumah bisa memanfaatkan kedua rumah sakit itu,  tentunya harus ada rekomendasi Puskesmas ke dua rumah sakit ini, sehingga terkendali dalam pemanfaatan fasilitasnya,” ujarnya.
Sebagai informasi, sebelumnya Pemkot Depok juga telah merilis sembilan RS sebagai RS rujukan untuk penanganan pasien terinfeksi virus Corona. Di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, RS Puri Cinere, RS Melia Cibubur, RS Hermina, RS Mitra Keluarga, RS Bhayakara Brimob, RS Tugu Ibu, RS Bunda Margonda, dan RS Universitas Indonesia (UI). (jaya)

No comments:

Post a Comment