Lomba Kelurahan 2021, Herman Beta dan Zaenal Arifin Bersaing Dalam Program Unggulannya

 KabarPublik- Depok

Untuk meraih juara dalam lomba Kelurahan tingkat Kota Depok tahun 2021, Lurah Depokjaya, Herman Beta dan Lurah Mekarjaya, Zaenal Arifin bersaing menyampaikan informasi program-program unggulan masing-masing kepada Tim Penilai pada acara ekspose peserta lomba kelurahan di ruang Teratai, Balaikota Depok, Rabu pagi (28'4/21).

Lurah Depokjaya, Herman Beta menyampaikan informasi program unggulannya pada penilaian lomba kelurahan tahun 2021, Rabu (28/4/21).

Pemkot Depok mengadakan lomba kelurahan. Kabaranya ada 11 kelurahan yang mengikuti lomba tersebut.

Kelurahan Depokjaya mewakil Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), sementara Kelurahan Mekarsari mewakili Kecamatan Sukmajaya.

                    Lurah Mekarjaya, Zaenal Arifin.

Dalam ekspose program, Lurah Zaenal Arifin menyampaikan tiga progran unggulan yakni Sapa Sekolah, Pembelajaran Jarak Jauh (online) dan Pelayanan masyarakat secara online.

Sapa Sekolah, jelasnya, program kelurahan Mekarjaya dalam rangka melakukan monitoring secara bersama tiga pilar dan karang taruna menyambangi sekolah-sekolah di wilayah saat jam istirahat. Tujuannya untuk memastikan tidak adanya aksi bully diantara siswa.

         Kantor Kelurahan Mekarjaya 

"Kegiatan itu berlangsung sebelum pandemi Covid19,, namun sejak adanua pandemi kan tidak ada kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah-sekolah," kata Zaenal .

Meski begitu, lanjutnya, kegiatan belajar tetap dipantau melalui program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),  di mana terdapat satu lingkungan di RT03/RW30 yang umumnya situasi dan kondisi permukiman dan warga sangat perlu mendapat perhatian terutama dalam hal pembelajaran jarak jauh.

"Untuk membantu PJJ bagi anak didik di lingkungan tersebut maka disediakan fasilitas wifi, dan handphone,  di mana  pengurus lingkungan setempat menyediakan hp untuk para anak adik agar bisa mengikuti PJJ," papar Zaenal.

Dibagian lain pemaparannya, alumnus IPDN ini menyampaikan program pelayanan masyarakat secara online."Pelayanan secara online ini mendapat respon positif dari masyarakat, apalagi tengah pandemi Covid19," kata Zaenal.

Hampir semua jenis pelayanan di Kelurahan Mekarjaya dilayani secara online."Masyarakat mendaftar secara online keperluan pelayanan yang dibutujkan, misalkan surat keterangan IMB, dll.

Giliran Lurah Depokjaya Herman Beta menyampaikan informasi pembangunan yang menjadi unggulan kantor kelurahan yang dipimpinnya.

Sepertinya program yang disajikan Depokjaya tidak berbeda dengan Mekarjaya. Namun ada satu program unggulan Depokjaya yakni inovasi berupa menyulap lahan-lahan kosong yang biasanya digunakan sebagai tempat pembuang liar sampai kemudian disulap menjadi lokasi budidaya ikan lele.

"Dengan pemanfaatan tempat-tempat sampah liar menjadi lahan budidaya ikan lele maka lokasinya menjadi bersih, indah dan nyaman serta sehat," papar Herman.

Setelah disulapnya lokasi-lokasi, menurut Herman, sekarang ini tidak ada lagi orang yang membuang sampah yang sudah disulap menjadi kolam-kolam ikan.

"Manfaat lainnya, lele yang terdapat di.kolam itu memakan nyamuk-nyamuk dan jentik-jentik, sehingga bisa mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah," ujarnya. (jaya).

No comments:

Post a Comment