Panmas Akan Lakukan Vaksinasi Covid19 Untuk 500 Warga Lansia

KabarPublik-Pancoran Mas

Kantor Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) akan melaksanakan vaksinasi Covid19 sebanyak 500  Lanjut usia (Lansia) warga di wilayah ini, Kamis (17/6/21).


Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya membuka resmi penyuluhan hipertensi dalam kegiatan pengabdian masyarakat Univerditas Yarsi Jakarta di kantor kecamatan, Selasa (15/6/21).

Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya menjelaskan,  kegiatan vaksinasi khusus bagi warga Lansia merupakan dari perhatian pemerintah Kecamatan Pancoran Mas terhadap kesehatan para Lansia dalam upaya penyebaran Covid19 di wilayahnya.

"Lansia merupakan program prioritas dari Pemkot Depok. Kita akan melakukan layanan vaksin covid 19 bagi Lansia mulai dari umur 50 tahun keatas pada hari Kamis (17/6/21)," kata Utang kepada KabarPublik.co.id seusai membuka resmi kegiatan program Pengabdian Masuarakat Fakultasi Kedokteran Universitas Yarsi dalam penyuluhan bertema Hipertensi di aula kantor Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (15/6/21).

Dalam kegiatan itu menampilkan dua nara sumber yakni Dr. Patma dan Dr Aisyiah.

Utang menjelaskan, masalah Lansia merupakan program prioritas dari Pemkot Depok  dan dilaksanakan secara terpadu karena harus melihat berbagai komponen kelembagaan dan pokja Lansia kelurahan dan kecamatan dengan melibatkan pula Lembaga Lansia Indonesia (LLI) kecamatan dan tingkat kota Depok.

Apalagi sekarang ini, lanjut Utang menambahksn, angka harapan hidup manusia sudah mencapai 74 tahun, dan jumlah Lansia bertambah pula. Sehingga kewajiban pemerintah untuk memberikan layanan seoptimal mungkin kepada Lansia.

"Layanan dasar itu antara lain berupa kesehatan dan sosial diantaranya senam, pemeriksaan kesehatan seperti layanan vaksinasi covid19 kami berikan," ujarnya.

Didalam penyuluhan hiperten, menurut dia,  kedua nara sumber tadi memaparkan, penyakit hipertensi atau darah tinggi ternyata beberapa kriteria diantara pra hipertensi, hipertensi tinggi dan hipertensi rendah yang harus diketahui berbagai penyebab dan penanganannya.

"Masalah hipertensi banyak dikeluhkan termasuk para Lansia. Sesuai penjeladan  nara sumber tadi ada kriteria pra hipertensi, tensi tinggi dan rendah yang harus diwaspadai dengan berbagai penyebabnya. Masalah hipertensi ini menjadi kendala saat kegiatan vaksinasi Covid19 yang lalu," pungkas Utang. (jaya)


Post a Comment

0 Comments