Antisipasi Sekolah Kena Bencana Alam, Disdik Depok Akan Bentuk SPAB

KabarPublik-Balaikota Depok

Untuk memudahkan koordinasi guna mengantisapasi terjadinya bencana di sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok akan segera membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

                              Sutarno

 "In Sya Allah bulan Desember tahun ini akan dibentuk SPAB," kata Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan (Kabid Sarpras Disdik) Kota Depok, Sutarno kepada KabarPublik. co.id, Kamis (25/11/21).

Pembentukan SPAB, menurut Sutarno, berdasarkan  Permendikbud nomot 33 tahun 2019, bahwa setiap satuan Pendidikan untuk bisa membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Sutarno mengatakan, SPAB ini dibentuk untuk mengantisapasi akan terjadinya bencana di lingkungan sekolah masing-masing, jadi sekolah sudah memprediksi duluan.

Sutarno Menambahkan,  nantinya  setiap sekolah akan dibentuk lima orang tim yang nantinya bisa memantau jika terjadi bencana alam di sekolah,harus lapor kemana.

“Jadi gampang berkoordinasi dengan tingkat kota, seperti sekolah tertimpa angin puting beliung, sekolah tertimpa pohon tumbang mengenai sekolah." ujarnya.

Melalui tim yang sudah terbentuk, menurut dia, bisa mengantisipasi duluan apa yang harus diperbuat sebelum terjadi bencana alam." Pihak sekolah kerja baktilah  harus memotong pohon yang sudah tua agar tidak menimpa sekolahan," kata Sutarno.

Sutarno berharap  agar sekolah bisa tertangani dari bencana serta Bersih dan Aman." Bersih dari lingkungan, aman dari bahaya," pungkas Sutarno. (jaya)

No comments:

Post a Comment