Demi Kedisiplinan, Camat Saiful Siap Melatih PBB Bagi Anggota Linmas Dan ASN Di Panmas

KabarPublik-Depokjaya 

Camat Pancoran Mas (Panmas), Saiful Hidayat bersedia memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) kelurahan maupun aparat sipil negara (ASN) di wilayah Panmas.

Didampingi Lurah Depokjaya, Herliana Maharani (berhijab), Kabid PSD Satpol PP Kota Depok, Denny Wisnu dan anggota Babinsa Kelurahan Depok, Camat Panmas Saiful Hidayat memberikan sambutan dan pengarahan membuka resmi kegiatan pembinaan Anggota Satlinas Kelurahan Depokjaya, Kamis (21/7/22).

Kesanggupan melatih Baris Berbaris bagi anggota Linmas dan ASN di wilayah Kecamatan Pancoran Mas itu disampaikan Camat Panmas saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam membuka resmi kegiatan Pembinaan anggota Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Depokjaya,Kamis pagi (21/7/22).

Dia mengapresiasi dedikasi dan pengabdian anggota Satlinmas yang ada di kantor kelurahan dan lingkungan rukun warga (RW).

Para peserta pembinaan Sainmas Kelurahan Depokjaya foto bersama Camat Panmas, Lurah Depokjaya dan Kabid PSD Satpol-PP Kota Depok, Kamis (21/7/22).

Sebab untuk menjaga Linmas, menurut mantan Komandan Hansip Kelurahan Mampang di era 1991 ini,  tidak semua orang mau karena tugasnya diemban anggota Linmas sangat mulia dan harus ikhlas.

"Anggota Linmas itu kagak ada gajinya, tetapi dengan dedikasi dan pengabdian yang tinggi serta ikhlas mereka enjoy mengemban tanggungjawabnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya," paparnya.

Untuk itu Camat Panmas bersedia menularkan ilmu kesemaptaan atau baris berbaris kepada para anggota linmas dan ASN.

Didalam ilmu kesemaptaan atau baris berbaris, menurut dia,  membentuk kedisiplinan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan sikap tegak dalam latihan baris berbaris membentuk seseorang menjadi disiplin, untuk itu saya ingin menularkan ilmu kesempataan kepada anggota linmas dan ASN di Pancoran Mas," kata Saiful yang pernah mengikuti latihan dasar militer pada era 1991 di Kabupaten Bogor.

Dia menjelaskan, Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan bathin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.

Sementara itu, lurah Depokjaya Herliana Maharani mengapresiasi dan berterima-kasih atas semangat masyarakat untuk menjadi anggota Satlinmas di wilayah Depokjaya.

"Saya memberikan apresiasi dan terimakasih atas semangat bapak-bapak mendedikasikan pengabdian masyarakat melalui wadah Satlinmas," ujar Elin sapaan Lurah Depokjaya itu..

Seusai pembukaan acara tersebut, Kepala Seksi Pemerintahan (Kasie Pem) Kelurahan Depokjaya, Tri Juliutomo menjelaskan kegiatan pembinaan Satlinmas untuk pemantapan bagi anggota Linmas agar tidak lupa tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya dalam menjaga keamanan ketertiban umum masyarakat.

Menurut Tri, hingga kini masih ada persepsi sejumlah masyarakat bahwa tugas Linmas menjaga acara pesta atau hajatan masyarakat di wilayahnya.

"Padahal anggota Linmas mengemban tupoksi dan tanggungjawabnya ikut membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta keselamatan. Untuk itu anggota Linmas hendak berkoordinasi dengan Satpol PP, Babinsa, Babinkamtibmas," papar Tri. 

Tri menambahkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 30 anggota Linmas Kelurahan, RW dan simpatisan. "Simpatisan adalah warga ingin berpartisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum masyarakat. (jaya)

No comments:

Post a Comment