Subscribe Us


 

Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Kesehatan, Pondokjaya Gelar Pelatihan Penunjang Kelurahan Sehat

KabarPublik- Pondokjaya 

Untuk terus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan didalam kehidupan sehari-hari, Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengadakan pelatihan Penunjang Kelurahan Sehat selama enam hari di pendopo kantor kelurahan. 

Sekretaris kelurahan (sekkel) Pondokjaya, Marbawi memberikan sambutan saat penutupan kegiatan Pelatihan Penunjang Kelurahan Sehat, Jumat (19/8/22).

Kegiatan pelatihan itu dibuka resmi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cipayung, M.Rifai, Kamis (11/8/22) dan ditutup resmi Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pondokjaya, Marbawi, Jumat (19/8/22).

Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan (Kasie Kemaspel) Kelurahan Pondokjaya, Enok Sunengsih menjelaskan, Pelatihan Penunjang Kelurahan Sehat selama enam hari dengan sub-kegiatan diantaranya pada hari pertama pelatihan adalah pendataan Jumantik.

Kasie Kemaspel Kelurahan Pondokjaya, Enok Sunengsih memberikan laporan kegiatan Pelatihan Penunjang kekurahan sehat tahun 2022, Selasa (12/8/22)

Kegiatan pelatihan selama enam hari menurut dia, diikuti sebanyak 259 peserta dari unsur 

 Untuk pendataan Jumantik, jelasnya, rutin setiap bulan oleh para kader dari UPT Puskesmas."Namun di pelatihan ini pendataan Jumantik dari kita," kata Enok kepada KabarPublik.co.id, Jumaat (19/8/22).

Selanjutnya masih sutyb kegiatan pertama, tambah Enok, pendataan rumah sehat dari RW 01-06. Di wilayah Kelurahan Pondokjaya terdapat 7 RW dan 53 RT (rukun tetangga) 

Didalam pendataan rumah sehat, khusus untuk RW 07 adalah perumahan Permata Depok yang dinilai sudah memenuhi kriteria rumah sehat, diantaranya pencahayaan, Bu  dan halaman rumah.

"Penunjang Kelurahan Sehat itu kan banyak sekali kompetensinya,' kata Enok.

Untuk pendataan rumah sehat di lingkungan rw01-06, menurut dia, pendataan didalam termaduk Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

"ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan," jelasnya.

Dihari kedua t materi kedua berupa PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mencakup diantaranya membahas Covid19, membahas ODF dan rumah sehat serta kawasan tanpa rokok (KTR).

"Tiga hari mengenai PHBS itu kita membahas profile kelurahan sehat,"  tutur Enok. 

Berikutnya pada hari keempat mengenai ibu dan anak, menurut mantan guru SMA itu, pembahasannya pembahasannya tentang tumbuh kembang anak dan PPG. (jaya)

Post a Comment

0 Comments