Dua Tahun Fakum, Warga Kalimanggis Harjamukti Kini Gelar Pesta Bumi Di Keramat Curgau

KabarPublik- Kalimanggis 

Fakum selama dua tahun karena pandemi Covid19, kini ratusan warga asli Kampung Kalimanggis kembali menggelar Pesta Bumi di Keramat Curgau, Kalimanggis RW 09 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok Senin (8/8/22).

Seusai mengikuti doa yang dibaca sesepuh masyarakat Kampung Kalimanggis, Lurah Harjamukti Sukmara bersama peserta Pesta Bumi menikmati hidangan menu di Kramat Curgau, Senin (8/8/22).

Peringatan tahunan untuk melestarikan budaya leluhur warga Kampung Kalimanggis itu dihadiri pula Lurah Harjamukti, Sukmara, Ketua LPM Harjamukti, Jayadi, Ketua TP.PKK Harjamukti, Babin Kamtibmas Kelurahan Harjamukti, tokoh masyarakat, tokoh agama.

Konon kabarnya ada sedikitnya 150 warga asli Kampung Kalimanggis dari berbagai wilayah mengikuti hajatan tahunan tersebut. Sehingga cukup meriah.

Para peserta Pesta Bumi menunggu saat ya menyantap makanan yang tersedia di halaman Keramat Curgau, Senin (8/8/22).

Meski tidak diberikan kesempatan untuk sambutan, Lurah Harjamukti, Sukmara memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan Pesta Bumi warga Kalimanggis RW 09.

Dengan diadakannya Pesta Bumi, menurut Sukmara, menunjukkan khazanah budaya masyarakat Kalimanggis Kelurahan Harjamukti hingga ini masih dilestarikan masyarakatnya.

"Pesta Bumi merupakan aset atau kearifan lokal yang memang tetap terjaga hingga kini, hal ini juga menjadi potensi wisata budaya, disamping itu kegiatan ini memberikan manfaat juga buat para pelaku UMKM," kata Sukmara kepada KabarPublik.co.id, Senin (8/8/22).

Bendahara Panitia Pesta Bumi tahun 2022,Nursyin bersama Ketua LPM Harjamukti Jayadi menjajal adonan dodol dan mantan ketua RW 09 kampung Kalimanggis, H Sinan di salah satu stand UMKM di kegiatan Pesta Bumi di Keramat Curgau, Senin (8/8/22).

Bendahara Panitia Pesta Bumi tahun 2022, Nursyin menjelaskan, Pesta Bumi adalah kegiatan tahunan sebagai bentuk rasa syukur warga asli Kampung Kalimanggis kepada Allah SWT atas kenikmatan yang dirasakan masyarakat selama ini.

"Pesta Bumi ini tradisi turun temurun masyarakat asli Kalimanggis sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, kegiatan ini juga media silaturahmi dan komunikasi antara para orangtua dengan generasi muda Kalimanggis," tutur Nursyin kepada KabarPublik.co.id di lokasi.

Secara terpisah, Ketua RW 09, Saman Ardiansyah dan sesepuh warga Kalimanggis, Haji Karta menjelaskan, Pesta Bumi dan Sedekah diadakan setiap tahun di bulan Suro.

Sesepuh warga Kalimanggis, Haji Karta yang memimpin tawashul menuturkan, dirinya mendoakan kepada Allah SWT agar warga Kalimanggis khususnya dan masyarakat wilayah Harjamukti secara umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rejeki dan umur panjang yang barokah agar senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Allah berfirman, bila engkau mensyukuri nikmatKu maka akan Aku lipatgandakan nikmatNya untuk kita," tutur Karta.

Ketua RW 09, Saman Ardiansyah mengatakan kegiatan Pesta Bumi tahun ini juga melibatkan karang taruna RW 09 dengan tujuan agar anak-anak muda sebagai generasi penerus sejak dini memperoleh pengetahuan tentang seni budaya leluhurnya. Sehingga Pesta Bumi tetap dilestarikan.

"Kalau kita ga dari sekarang merangkul generasi muda sebagai generasi penerus nanti siapa lagi yang akan melestarikan budaya leluhur kita," tandas Saman.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Harjamukti, Jayadi memberikan apresiasi panitia melibatkan karang taruna dalam kegiatan Pesta Bumi tahun ini.

"Jika karang taruna sebagai generasi penerus dikuatirkan budaya leluhur nantinya akan punah dan hilang," pungkas Jayadi. (jaya)

No comments:

Post a Comment