Buka Cilodong Expo 2022, Walikota Idris: UMKM Paling Parah Terdampak Pandemi Covid19

KabarPublik- Cilodong

Walikota Depok, Mohammad Idris meresmikan pembukaan kegiatan Cilodong Expo 2022 yang diikuti sedikitnya 45 pelaku UMKM dan stand khusus Rutan Cilodong di halaman kantor Kecamatan setempat, Jumat pagi (2/12/22).

Walikota Depok, Mohammad Idris membuka resmi kegiatan Cilodong Expo 2022 di kantor Kecamatan Cilodong, Jumat (2/12/22).

Dalam sambutan dan pengarahan singkat pada pembukaan Cilodong Expo 2022, Mohammad Idris mengatakan, Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) merupakan penyumbang tertinggi PDRB (produk domestic regional bruto) terbesar di Jawa Barat, tetapi UMKM paling parah terdampak pandemi Covid 19.

 "Di Kota Depok kami melakukan pembinaan dan penyegaran kembali UMKM karena geliatnya sungguh luar biasa, ternyata UMKM penyumbang tertinggi PDRB rata-rata di kabupaten/ kota di Jawa Barat, walaupun dampak dari pandemi Covid 19 UMKM paling parah," tandas Walikota.

Camat Cilodong, Bambang Eko Sukmono (dua kiri) bersama Sekcam Cilodong, Zaenal Arifin (paling kiri) dan Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Cilodong, Suharja (kanan) mendampingi Walikota Depok, Mohammad Idris pada pembukaan Cilodong Expo 2022 di halaman kantor Kecamatan Cilodong, Jumat pagi (2/12/22).

Walikota mengapresiasi Cilodong Expo 2022 karena kegiatan ini untuk mewujudkan daya saing daerah yang memang dicirikhas oleh tingginya kualitas sumber daya manusia.

"Sumber daya manusia di Kota Depok ini dalam survei dan penelitian sumber daya manusia yang hebat-hebat, saking hebat..hebatnya makanya kritikannya juga kuat-kuat," ujar Walikota Depok.

Ketua panitia pelaksana Cilodong Expo 2022, Mulyadi memberikan laporan kegiatan itu berlangsung hari Jumat dan Sabtu (2-3- Desember) yang diikuti para pelaku UMKM dari lima kelurahan di wilayah Cilodong.

Kenapa UMKM paling parah terdampak pandemi covid19, Walikota menjelaskan, ada lima hal yang tidak terlaksana yakni: pelatihan, perizinan, pemasaran, dan permodalan.

"Bicara soal UMKM ada lima hal penting yakni diantaranya, permodalan, perizinan, pelatihan, pemasaran, semuanya sudah kami lakukan," katanya.

Seusai membuka kegiatan Cilodong Expo, Walikota Depok foto bersama camat dan seluruh lurah, ketua LPM barua

Camat Cilodong, Bambang Eko (BE) mengatakan, Cilodong Expo merupakan ajang mengenalkan dan mempromosikan produk-produk lokal asli Cilodong yang bertujuan meningkatkan UMKM yang mandiri dan tangguh.

Cilodong Expo 2022 dimeriahkan dengan seni tradisional palang pintu

Melalui kegiatan Cilodong Expo selama dua ini, BE berharap, terjadi transaksi antara pelaku UMKM dengan masyarakat pengunjung Cilodong Expo 2022.

"Jika selama ini mungkin warga Cilodong hanya berbelanja di mall atau super market,  padahal mungkin saja apa yang dibeli di mall itu ternyata produk lokal Cilodong, untuk itu tujuan kami mengadakan Cilodong Expo agar warga tahu dan beli produk asli Cilodong," ujar BE kepada wartawan seusai membuka Cilodong Expo.

Kegiatan Cilodong Expo 2022 dimeriahkan perlombaan mewarnai gambar yang diikuti sekitar 50 siswa PAUD dan TK perwakilan dari lima kelurahan di wilayah Cilodong.

Selain untuk memeriahkan dan membeli produk-produk lokal Cilodong, BE mengimbau para lurah mengajak para staf kelurahan, RT/RW bersama warganya untuk mengunjungi Cilodong Expo.

Ketua Pelaksana Cilodong Expo 2022, Mulyadi menjelaskan, Cilodong Expo berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (2-3 Desember).

Menurut dia, Kecamatan Cilodong menyediakan sekitar 24 tenda dengan peserta sebabyak 45 UMKM kelurahan dan satu stand khusus Rumah Tahan Negara (Rutan) Cilodong 

Selain bazar UMKM, Cilodong Expo 2022 juga mengadakan lomba dan hiburan dengan hadiah yang menarik. Ada lomba mewarnai gambar yang diikuti sebanyak 50 siswa PAUD dan TK dari lima kelurahan, pemeriksaan kesehatan dan palang pintu.

"Hari kedua atau hari terakhir besok diadakan senam,.selanjutnya pembagian hadiah-hadiah," jelas Mulyadi 

Suksesnya penyelenggaraan Cilodong Expo 2022,  tentunya tidak lepas dari 'tangan dingin' Martejo, CEO  Demas Production yang menjadi Event Organizer Cilodong Expo 2022.

"Alhamdulillah...kami masih dipercayakan menangani Cilodong Expo 2022, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Camat Cilodong dan para kepala seksi serta stafnya yang koperatif dan komunikatif, sehingga event Cilodong Expo bisa terlaksana," ucap Martejo. (jaya).

Post a Comment

0 Comments