Soal SDN Pocin 01, Sekda Janji Akan Memfasilitasi Para Siswanya Tetap Bersekolah Di Depok

KabarPublik- Depok 

Demi kelangsungan belajar para siswa SDN Pondok Cina (Pocin) 01 yang orangtuanya menolak pindah ke SDN 03 dan 05 Pondok Cina (Pocin), Pemkot Depok akan membantu memfasilitasi anak-anaknya tetap bersekolah di mana saja di Kota Depok.

                            Supian Suri

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menjelaskan, Pemkot sudah menyerap aspirasi dari para orangtua siswa (ortusis) dan telah berdiskusi dengan Forkopinda Depok terhadap situasi yang terjadi.

Menurut Sekda, sampai saat ini ada sebagian murid sudah pindah ke SDN Pondok Cina 03 dan 05, namun ada juga sebagian orangtua siswa (ortusis) yang masih bertahan di SDN Pondok Cina 01.

Bagi orangtua siswa yang sudah pindah ke SDN Pocin 03 dan 05, kata Sekda, mereka merasa senang karena ruangan sekolahnya bagus, bersih, nyaman dan aman.

                              Sutarno

"Itu versi mereka yang sudah pindah ke SDN Pondok Cina 03 dan 05, begitu pula bagi mereka yang masih tetap bertahan juga mempunyai alasan masing- masing, sehingga tadi kita sudah mengambil keputusan ya mungkin tidak memuaskan semua pihak, tetapi itulah keputusannya," kata Supian Suri seusai mengikuti pertemuan Forkopinda Depok dengan para orangtua siswa SDN Pocin 01 kepada wartawan.

Mengingat nantinya ada kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) pada 5-9 Desember, lanjut Sekda, untuk proses itu Pemkot masih mengizinkan kegiatan PAS di lokasi yang lama dan akan diberikan soal-soal ujian kepada para siswa dan didampingi guru-guru di lokasi SDN Pocin 01 sampai tanggal selesai PAS.

Namun setelah selesai PAS, tegasnya, tidak ada lagi kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Pocin 01 dan sejak tanggal 12 Desember para orangtua bisa pindahkan anaknya ke SDN Pocin 03 atau 05.

Jika tetap menolak anak-anaknya pindah di kedua sekolah yang telah disiapkan, lanjutnya, Pemkot Depok mempersilahkan para orangtua siswa apakah ingin menyekolahkan anak-anaknya di sekolah lain wilayah Pondok Cina atau Kemirimuka, Beji atau wilayah lain di Depok. "Yang penting anak-anak bisa bersekolah," tuturnya.

Dia mengakui, Pemkot Depok kebijakan awalnya akan membangun sekolah SDN Pocin 01, namun setelah melihat pendaftar siswa sedikit di sekolah dan menyerap aspirasi warga bahwa di Pondok Cina membutuhkan SMP negeri karena di wilayah itu selama ini belum ada SMP negeri untuk menampung para siswa lulusan sekolah dasar di wilayah tersebut.

"Insya Allah nanti pada tahun 2023 kami akan membangun SMP Negeri 34, sehingga nantinya bisa menampung anak-anak lulusan dari sekolah di wilayah Pondok Cina dan Kemirimuka," tandas Supian Suri. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok,  Sutarno menjelaskan, total keseluruhan siswa SDN Pocin 1 berjumlah 362 siswa, sementara ada sekitar 262 siswa diantaranya sudah pindah ke SDN Pocin 03 dan 05. Jadi saat ini masih tetap bertahan di SDN Pocin 01 sekitar 100 siswa.

"Tidak pernah sedikit pun terpikirkan untuk menelantarkan para siswa. Itu tidak benar. Yang benar SDN Pocin 1 sudah tidak layak, berada di pinggir Jalan Raya Margonda, karena segera direlokasi untuk  keamanan, keselamatan dan kenyamanan siswa bersekolah,”  pungkas Sutarno(jaya)




No comments:

Post a Comment