Kejar Target ODF 100% Di RJB, Lurah Tajudin Gagas Pembuatan Septiteng Swadaya Masyarakat

KabarPublik- Rangkapanjaya Baru 

Menuju Kota Depok Sehat bebas dari ODF (Open Defecation Free ) atau  Stop Buang Air Besar sembarangan, Lurah Rangkapanjaya Baru (Rjb), Tadjudin memprakarsai pembuatan septiteng secara swadaya masyarakat untuk rumah warga di RT03/ RW08, Minggu (4/12/22).

Lurah Rangkapanjaya Baru (Rjb), Tadjudin (kanan) menyaksikan pembuatan septiteng secara swadaya masyarakat di RT03/RW08, Minggu (4/12/22).

Menurut Tajudin, pembuatan septiteng secara swadaya masyarakat merupakan kolaborasi dan sinegitas kelurahan bersama RT/RW, DKM Musholla Al Mutagin, tokoh masyarakat dan karang taruna unit RW 08.

Seusai bergotong-royong membuat septiteng swadaya masyarakat Lurah RJB, Tajudin bersama warga menikmati hidangan makan (madang) siang yang dimasak para emak-emak setempat.

"Alhamdulillah kolaborasi dan sinergitas dalam pembuatan septiteng secara swadaya masyarakat di RT03/RW08 dapat dilaksanakan secara bergotong-royong, mudah-mudahan hal ini bisa ditularkan ke wilayah lain hasil sosialisasi selama ini menjadi wujud nyata," kata Tajudin kepada KabarPublik.co.id, Senin (5/12/22).

Warga yang bergotong-royong membuat septiteng di RT03/RW08, Kelurahan RJB menikmati hidangan makan siang yang disediakan emak-emak setempat.

Pembuatan septiteng secara swadaya masyarakat di RT03/RW08 disaksikan Ketua RW08, Zulkahfi, Ketua RT03, Mustofa, Ketua DKM, Syafruddin, dan tokoh masyarakat Rangkapanjaya Baru, Nasrudin.

Dengan swadaya masyarakat membuat septiteng di RT03/RW08, Tajudin berharap bisa menjadi contoh dan diikuti warga di lingkungan lain, sehingga warga di Rangkapanjaya Baru yang belum memiliki septiteng nantinya semuanya memiliki septiteng.

"Pada akhirnya wilayah Rangkapanjaya Baru tercapai ODF 100% sebagaimana yang diharapkan pak Walikota Depok, sehingga terwujud Kota Depok Sehat bebas dari ODF atau tidak ada lagi warga yang membuang air besar sembarangan, tetapi di septiteng," ujarnya.

Ketua Rw 08 Zulkahfi mengajak, warganya  untuk berpolah hidup bersih dan sehat PHBS sesuai arahan lurah RJB dan anjuran Walikota Depok menuju kota Depok sehat bebas dari ODF.

"Terminasi pak Lurah yang selalu suport hadiri kegiatan di wilayah di segala bidang baik sosial kemasyarakatan dan keagamaan," kata Zulkahfi.

Hal senada diungkapkan Ketua RT 03/RW 08,Mustofa dan Ketua DKM syafrudin didampingi  Solahudin dan Dedi Gunawan.(jaya)

 

Post a Comment

0 Comments