Subscribe Us


 

Buka Sosialisasi RPL Di Cimpaeun, Camat Tapos: Bejibun Program Pembangunan Pemerintah Telah Dilaksanakan Untuk Warga

KabarPublik- Cimpaeun 

Untuk meningkatkan pengetahuan dan memotivasi masyarakatnya untuk bertani di pekarangan rumah, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok menggelar kegiatan Sosialisasi Rumah Pangan Lestari (RPL) di kantor kelurahan setempat, Jumat pagi (14/7/23).

Camat Tapos, Abdul Mutolib dan Kurah Cimpaeun, Mulyadi bersama staf Dinas Pertanian Kota Depok foto bareng benih-benih ikan di kegiatan Sosialisasi RPL Kelurahan Cimpaeun, Jumat (14/7/23).

Kegiatan Pebdampingan Sosiakusasi Rumah Pangan Lestari (RPL) sehari yang diikuti sebanyak 20 peserta itu dibuka resmi Camat Tapos, Abdul Mutolib.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Camat Tapos, Abdul Mutolib mengatakan, berbicara program pemerintah maka warga menjadi sasaran program- program pemerintah baik dari pusat sampai daerah hingga kelurahan, seperti kegiatan pembangunan yang saat ini dilaksanakan di Kelurahan Cimpaeun.

"Untuk itu  kita semua kudu  tahu dan paham program-prigram pembangunan yang digulirkan pemerintah, jangan sampai kita kagak tahu, kok ga ada aktivitas pemerintah.Padahal begitu bejibung program-program pemerintah hampir setiap harinya,seperti kegiatan saat ini kita laksanakan di Cimpaeun," tandas Abu Mutolib.

Abu menmbahkan, kegiatan sosialisasi Rumah Pangan Lestari yang dilaksanakan Kelurahan Cimpaeun ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong masyarakat untuk bertani dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Untuk itu Camat Tapos meminta pesertta serius dan fokus serta menyerap ilmu yang diperoleh dari kegiatan RPL (Rumah Pangan Lestasi) agar nanti dipraktekan bertani di pekarangan rumah masing-masing atau secara berkelimpok beetani sayur matur dan budidaya ikan.

"Sekarang ini bertani tidak lagi memerlukan lahan yang luas, tetapi di pekarangan rumah dan bahkan bertani sistem hidroponik," katanya 

Apabila kegiatan ini dilaksanakan senua dan berhasil, Abu mengatakan, nanti ada kunjungan belajar dari perwakilan negara Laos ke Tapos.

"Beberapa minggu lalu rombongan dari Laos berkunjung ke wilayahnTapos. Rencananya bulan ini atau bulan depan mereka mau berkunjung lagi untuk belajar bertani," papar Abu 

 Sebelumnya Lurah Cimpaeun, Mulyadi mengatakan, kegiatan sosialisasi memberikan bekal ilmu pengetahun mengenai bertani di pekarangan rumah untuk meningkatkan perekonomian  keluarga.

"Melalui kegiatan ini kami berharap peserta dan warga  bisa memanfaat pekarangan rumah untuk bertani,dan jika ditekuni menjadi kegiatan bertani harapannya nanti bisa menbantu perekonomian keluarga," kata Mulyadi.

Sementara itu, Kepala seksi Pemerintah (Kasi Pem) Kekurahan Cimpaeun, Jufriansyah menjelaskan, kegiatan sosialisasi Rumah Pangan Lestari (RPL) berlangsung mulai 14-15 Juli 2023.

"Kegiatan ini untuk memberikan ilmu pengetahuan secara teori dan praktek dengan nara sumber dari dinas pertanian Kota Depok," kata Jufriansyah.

Sosialisasi RP hari pertama diikuti sekitar 20 peserta, dan hari terakhir sebanyak 40 peserta. Pesertanya terdiri Jarang Taruna, KWT (Kekompok Wanita Tani), para kader PKK. (jaya)

Post a Comment

0 Comments