Untuk Tingkatkan Ekonomi Warga, Kelurahan Ratujaya Gelar Pelatihan RPL Di Kampung Caraka RW 05

KabarPublik- Ratujaya 

Untuk meningkatkan perekonomian warga Kampung Caraka RW05, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengadakan pelatihan Rumah Pangan Lestari (RPL) selama tiga hari (11-13 Juli 2023).

Kegiatan selama tiga yang diikuti sebanyak 35 peserta dibuka resmi Kepala Seksi Ekononi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Cipayung, Fajar Hendry mewakili Camat Cipayung, Hasan Nurdin.

Dalam sambutan dan arahannya, Fajar berharap agar warga bersemangat dalam kegiatan ini demi untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

"Jangan sampai RW 05 sudah ditetapkan menjadi Kampung Caraka, tetapi hanya sebagai simbol, namun masyarakatnya harus terus dan terus bersemangat untuk membangun lingkungan RW05 yang maju, berbudaya dan sejahtera," kata Fajar.

Kepala Seksi Ekononi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Ratujaya, Eko Hidayat mengatakan, pelatihan RPL tahun  2023 dilaksanakan untuk pemberdayaan dan pengembangan kegiatan ekonomi dan budidaya ikan di Kampung Caraka (Cerdas Ramah Keluarga) RW05.

"Kegiatan RPL diadakan di RW05, karena RW05 terpilih menjadi Kampung Caraka. Sebab untuk menjadi Kampung Caraka harus terpenuhi delapan indikator," kata Eko kepada KabarPublik.co.id, Selasa (11/7/23).

"Kampung Caraka merupakan salah satu menu wajib dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023 dan 2024," ujar Eko.

Selama tiga hari pelatihan RPL, menurut Eko, hari pertama diawali pembukaan dan pelatihan, kemudian hari berikutnya kegiatan pelatihan menanam, cocok taman, budidaya ikan dan gemar makan ikan.

Dia menambahkan, peserta sebanyak 35 orang terdiri dari KWT Selendang Ratu, pelaku UMKM, Karang Taruna."Kegiatan selama tiga hari ini memang fokusnya untuk warga RW 05, tidak ada warga RW lainnya," pungkas Eko. (jaya)



No comments:

Post a Comment