Subscribe Us


 

Camat Panmas Adakan Lomba Proklim Berhadiah Utama Kambing

KabarPublik- Mampang

Untuk memotivasi warga dalam memilah sampah, Camat Pancoran Mas (Panmas), Zikri Dwi Darmawan mengadakan lomba Program Kampung Iklim (Proklim) antar kelurahan di wilayahnya dengan hadiah utama seekor kambing.

.

Hal itu disampaikan Camat Zikri Dwi Darmawan didalamn kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) Pembentukan Bank Sampah Kelurahan Mampang tahun 2023 di kantor sementara Kelurahan Mampang, Jl Kali Licin, Rabu (23/8/23). 

Lomba Proklim antar kelurahan se Pancoran Mas, menurut Camat Panmas itu,  untuk memotivasi dan menyemangati warga agar lebih aktif lagi didalam pengelolaan bank sampah terutama kegiatan pemilahan sampah dari rumah sebagai upaya mengurangi beban Tempat Pemrosesan Akhir sampah (TPA) Cipayung.

"Lomba ini secara spontan saya cetuskan dengan hadiah seekor kambing untuk memotivasi dan menyemangati warga agar lebih aktif lagi memilah sampah, baik sampah organik dan non-organik," kata Zikri Dwi Darmawan.

Dengan diadakan lomba ini, Zikri berharap, kedepan nanti kegiatan pemilahan sampah dari rumah tangga menjadi suatu kebiasaan masyarakat."Untuk itu nanti tiga bulan kemudian akan diumumkan siapa pemenang lombanya, kecamatan nanti akan bentuk tim penilai lomba," tandas Zikri.

Terkait lomba tersebut, Lurah Mampang, Darmawansyah akan memberikan perhatian guna memotivasi warganya dalam lomba pemilahan sampah antar lingkungan rujun warga (RW).

"Saya menyediakan hadiah untuk lomba antar-RW," kata Darmawansyah tanpa menyebutkan bentuk perhatian yang akan disediakan. 

Untuk itu dia menyemangati warganya teruma para pengelola bank sampah dan kegiatan pemilahn sampah.

Darmawansyah merasa prihatin karena di wilayah Mampang terdapat 16 bank sampah, namun selama ini hanya sekitar lima bank sampah yang benar-benar masih aktif.

"Untuk itu kami sangat berharap para pengelola bank sampah yang selama ini kurang ajtif agar aktif kembali," pinta Darmawansyah.

Kegiatan program kampung iklim (Proklim) dengan agenda pembentukan bank sampah kelurahan, menurut dia, sesungguhnya untuk mensosialisasi Proklim dan sekaligus membangkit terus semangat warga dalam pengelolaan kebersihan dan pemilahan sampah dari rumah tangga.

"Sosialisasi ini agar para peserta menperoleh pengetahuan tentang Proklim yang merupakan program penerintah pusat yang harus kita sukseskan," tuturnya 

Untuk itu nara sumbernya diantaranya, Wulan, Koordinator Bank Sampah Kecamatan Panmas, Made dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Kegiatan pembentukan bank sampah Kelurahan Mampang pesertanya diantaranya para pengurus RW se Kelurahan Mampang, Karang Taruna, kader PKK dan lainnya. (jaya)

Post a Comment

0 Comments