Kelurahan Rangkepanjaya Berupaya Mencegah Masalah Stunting

KabarPublik-Rangkepanjaya

Kelurahan Rangkepanjaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok berupaya menghilangkan persoalan stunting di wilayah tersebut.

Dalam pembukaan penyuluhan Stunting tingkat Kelurahan Rangkepanjaya, Senin pagi (28/6/21),  Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Rangkepanjaya, Herliana Maharani meminta perhatian para pengelola Posyandu, pengurus RW dan RT maupun TP PKK kelurahan terhadap pentingnya masalah stunting di wilayah dan lingkungan terbawa di Kelurahan Rangkepan yakni posyandu dan RT/RW.

"Kami berterimakasih kepada pengelola posyandu, kader PKK dan pengurus lingkungan dan komponen masyarakat yang selama ini sudah bekerja dengan baik dalam rangka penanganan masalah stunting. Harapan kami dari pemerintahan kelurahan marilah kita terus bersemangat untuk bekerja keras agar stunting tidak ada di wilayah kita yang cintai," kata Herliana kepada peserta penyuluhan Stunting.

Selain masalah stunting, Herliana mengingatkan warganya agar lebih meningkatkan kewaspadaan pandemi Covid19 yang saat ini cukup mengkuatirkan dunia termasuk di Kota Depok.

"Saya.juga mau mengingatkan masalah pandemi.Covid19. Jangan terlalu panik, namun tidak boleh lengah. Marilah kira mulai tingkatkan imunitaa dan iman, jangan abaikan pentingnya protokol kesehatan dengan selalu disiplin melakukan 3M, 5M dan prokes lainnya,"  tandas Herliana.

Sementara itu dalam laporannya selaku pelaksana kegiatan, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Rangkepanjaya, Rini Kariani Solihati mengatakan, penyuluhan stunting sehari ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat penting pencegahan dan penanggulangan stunting tidak saja untuk warga, tetapi juga buat peserta dan keluarga.

"Melalui penyuluhan ini harapannya agar peserta memperoleh pengetahuan dan penanganan masalah stunting, sehingga peserta dapat memberikan edukasi kepada warga, tetangga dan keluarganya," kata Rini kepada KabarPublik.co.id, Senin siang (28/6/21).

Rini mengatakan, kegiatan penyuluhan tetap mengedepankan protokol.kesehatan 3M.

Rini menjelaskan, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. (jaya).

No comments:

Post a Comment