Kelurahan Cimpauen Usung Program Sipoci Dan Caritating Di Lomba Posyandu Kota Depok

KabarPublik-Cimpauem 

Dalam mengikuti Lomba Posyandu tingkat Kota Depok tahun 2022, Kelurahan Cimpauen, Kecamatan Tapos menampilan dua program unggulannya yang inovatif yakni: Sipoci (Sistem Informasi Potensi Cimpauen) dan Caritating (Catatan harian berita stunting).

Lurah Cimpauen, Herawati (kanan) menyaksikan anggota tim penilai lomba Pokja Posyandu Cimpauen tengah menilai buku pelaporan, Rabu (27/7/22).

Dihapan tim penilai tingkat Kota Depok, Lurah Cimpauen, Herawati menjelaskan, suatu aplikasi berupa sistem informasi potensi Cimpauen untuk memberikan kemudahan informasi seputar potensi yang ada di wilayah Cimpauen. Misalnya,  informasi geografi wolayah Cimpauen seperti luasan wilayah, jumlah penduduk setiap RT/RW , jumlah lembaga RT/RW.

Seusai penilaian Pokja Posyandu Kelurahan Cimpauen, Lurah Cimpauen, Herawati, Lurah Cilangkap, Teguh Santoso dan Lurah Sukatani, David foto bersama tim penilai Kota Depok dan para kader PKK, Rabu (27/7/22).

Kegunaan aplikasi Sipoci, menurut Herawati,untuk kemudahan,kelancaran dan keakurasi data bagi setiap RT/RW yang ingin cari informasi dan potensi kewilayahan.

Dengan Sipoci,  jelasnya, pengurus RT/RW dapat menyampaikan mengenai perubahan data kewilayahan.

"Aplikasi Sipoci kali pertama digunakan RT/RW di perumahan dalam menyampaikan informasi dan pelaporan pada saat pandemi Covid19. Untuk itu, kami mencoba untuk diterapkan ke seluruh RT/RW se Cimpauen, " kata Herawati kepada KabarPublik.co.id di kantor kelurahan Cimpauen, Rabu (27/7/22).

Menurut dia, Sipoci  baru diujicoba satu bulan ini dan ternyata mendapat respon positif dari masyarakat khususnya pengurus RT/RW, Posyandu karena aplikasi itu memudahkan dalam memudahkan memperoleh informasi tentang potensi wilayah Cimpauen.

Selain Sipoci, lanjutnya, Kelurahan Cimpauen juga melaksanakan program unggulan yang inovatif yakni Caritating yang artinya catatan harian berita stunting.

"Caritating ini adalah program inovatif Posyandu Sedap Malam RW 17 yang diikutsertakan mewakili Kecamatan Tapos didalam perlombaan," kata Herawati.

Dia menjelaskan, melalui program Caritating ini para kader posyandu Sedap Malam RW 17 mengunjungi para balita stunting untuk memantau perkembang balita stunting, makanan dan minuman balita stunting yang diberikan keluarga.

"Jadi kita bisa tahu bagaimana kondisi balita stunting karena melalui Caritating," ujarnya.

Mengenai target kemenangan dalam perlombaan, Herawati menutur, dalam suatu pertandingan secara umum ingin memperoleh juara.

"Kami sudah berusaha maksimal dan apa pun hasil penilaian dari tim penilai ya kita terima dengan ikhlas," kata Herawati.

Diminta komentar, Ketua LPM Kelurahan Cimpauen, Nuryadin memberikan kepada Pemkot Depok atas kepercayaannya kepada Kelurahan Cimpauen mewakili Kecamatan Tapos di perlombaan Posyandu tingkat Kota Depok.

" Kami mendorong kegiatan ini hingga terlaksana hari ini diadakan penilaian dari tim penilai tingkat Kota Depok," kata Nuryadin kepada KabarPublik.co.id.

Harapan kedepan, kata dia, mudah-mudahan dengan adanya kegiataomba ini bisa memotivasi ibu-ibu kader Posyandu,  PKK, Posbindu. (jaya).


No comments:

Post a Comment