Membuka STQ Panmas, Wakil Walikota Depok Ingatkan Al Qur'an Tidak Sekedar Dilombakan..

KabarPublik- Panmas 

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengingatkan, al Qur'an tidak sekedar hanya dilombakan, tetapi harus dibaca, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono membuka resmi kegiatan seleksi tilawatil qur' an tingkat Kecamatan Pancoran Mas di Ponpes Al Hidayah, Rawa Denok, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Selasa pagi (4/10/22).

Peringatan itu disampaikan Wakil Walikota Depok saat membuka resmi Seleksi Tilawa Al Qur' an tingkat Kecamatan Pancoran Mas(Panmas) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayah, Jl Keadilan, Rawa Denok, Kelurahsn Rangkapan Jaya Baru (Rjb), Kecamatan Pancoran Mas, Selasa pagi (4/10/22).

Para lurah dan sekretaris kelurahan menghadiri kegiatan seleksi tilawatil qur'an tingkat Kecamatan Panmas di Ponpes Al Hidayah, Rawa Denok, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Selasa pagi (4/10/22).

Imam mengatakan, al Qur'an sebagai kitab suci yang diturunkan Allah melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk umat Islam agar dibaca, pahami dan diamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

"Al Qur' an tidak cukup dilombakan saja, akan tetapi isinya harus dibaca, dipahami dan diamalkan setiap umat Islam dalam kehidupan sehari-hari," tandas Imam.

Setiap umat muslim yang membaca al Qur'an, menurut Imam, mendapat pahala untuk satu huruf al Qur'an yang dibaca memperoleh pahala 70 kebaikan.

"Contohnya jika kita baca Alif Lam Mim tidak dihitung satu kalimat, tetapi dihitung satu huruf, misalnya, Alif memperoleh pahala 70 kebaikan, jika alif lam mim tiga huruf maka dikali 70, apalagi jika membaca bismillah jumlah huruf dikalikan 70 pahala, apalagi jika kita membaca seluruh surat dan ayat didalam al qur'an," papar Imam.

Camat Pancoran Mas, Saiful Hidayah mengatakan, seleksi tilawa al qur'an tingkat Kecamatan Panmas diikuti para peserta perwakilan dari enam kelurahan.

"STQ ini sebagai media seleksi untuk mencari bibit unggul guna dipersiapkan mewakili wilayah Kecamatan Pancoran Mas ke MTQ tingkat Kota Depok nanti," kata Saiful.

Untuk itu, Saiful meminta, pelaksanaan STQ ini dapat berlangsung tertib, lancar dan amam, sehingga nanti menghasilkan calon qori dan qoriah yang handal mewakili Pancoran Mas.

"Saya berharap tim juri dapat bekerja optimal dan maksimal dengan menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan dalam menyeleksi agar diperoleh calon qori dan qoriah yang handal mewakili Panmas di MTQ Kota Depok nanti," tandasnya.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) STQ Kecamatan Panmas, Ustad Mus'ab menjelaskan, STQ ini merupakan seleksi bagi para qori dan qoriah untuk persiapan MTQ tingkat Kecamatan Panmas.

Pembukaan STQ tingkat Kecamatan Panmas, menurut dia, diawali lomba pawai ta'aruf dari kontingen kelurahan."Pawai ta'aruf dinilai kekompakan, jumlah peserta dan kreatifitas," ujarnya. 

Dia mengaku, kegiatan STQ Panmas sempat fakum karena pandemi covid 19, namun tahun ini kembali diaktifkan

"Ini STQ perdana setelah fakum duatahun karena  pandemi covid19.Insya Allah...nantinya kegiatannya setiap tahun," kata Mus'ab kepada wartawan. (jaya)




No comments:

Post a Comment