Dinas Pendidikan Kota Depok Minta ke DPR RI Pencairan DAK Cukup Dua Tahap


KabarPublik-Balaikota

Meningkatnya bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan tahun ini hingga mencapai Rp30 Milyar, untuk itu Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengusulkan agar pencairan bantuan pemerintah pusat tersebut cukup dua tahap.
Kadisdik Depok Mohamad Thamrin menyampaikan berbagai permasalahan pendidikan di Depok kepada Komisi X DPR RI

Harapan itu langsung disampaikan Kepala Disdik Kota Depok, Mohamad Thamrin saat bertatap muka dengan rombongan Komisi X DPR RI yang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkot Depok, Selasa (22/1/19).
"Harapan kami melalui Komisi X kiranya pencairan DAK mulai tahun ini cukup dua tahap, dan pencairannya diawal tahun," kata Thamrin.
Rombongan Komisi X DPR RI
Menurut Thamrin, biasanya pencairan DAK tiga tahap dan pencairannya tidak diawal tahun, sehingga berdampak kurang baik dalam pelaksanan pembangunan sarana prasarana pendidikan di sekolah- sekolah.
Dia menambahkan, sesungguhnya tidak hanya Kots Depok, tapi hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia merasakan hal yang serupa.
"Jadi, bukan hanya Depok, tapi hal ini menjadi harapan di seluruh Indonesia," ujarnya kepada wartawan di kantornya seusai acara tersebut.
Biasanya pencairan DAK tiga termin, Thamrin menjelaskan, termin pertama pencairan sebesar 60%, termin kedua 30% dan termin ketiga sisanya 10%.
Sedangkan waktu pencairan, lanjutnya, biasanya pada bulan Juni-Juli."Untuk itu kami minta waktu pencairan bantuan DAK diawal tahun agar lebih mudah dalam implementasinya di lapangan," ujarnya. (jay)

Post a Comment

0 Comments