Hari Senin, Hasil Pemeriksaan Sampel Darah 30 Penderita Chikungunya di Pondokjaya

KabarPublik- Citayam
Warga Gang Ceplik, RT01/RW05, Kelurahan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, yang menderita chikungunya mencapai 30-an jiwa, umumnya keluarga besar ketua RT 01.
Sementara itu Kelurahan Pondokjaya dan Puskesmas Ratujaya menunggu hasil pemeriksaan sampel darah warga dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok hari Senin nanti (8/4/19).
Lurah Pondokjaya, Mulyadi (topi) bersama Ketua PKK Pondokjaya, Anita Mulyadi, hari Minggu pagi (7/4/19) meninjau warga RT01/RW05, penderita chikungunya termasuk ke rumah keluarga Ketua RT 01 Rudi Heryawan (foto) yang juda terserang penyakit tersebut.
Lurah Pondokjaya, Mulyadi bersama Ketua TP PKK Kelurahan Pondokjaya, Anita Mulyadi, meninjau lokasi kejadian, Minggu (7/4/19).
Saat menerima kunjungan Lurah bersama Ketua PKK Pondokjaya di rumahnya, Ketua RT01/RW15, Rudi Heryawan mengatakan, sesungguhnya peristiwa warga di lingkungannya terserang chikungunya sejak tiga minggu lalu, namun warga tidak melapor ke pengurus RT 01.
Begitu menerima laporan, Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pondokjaya, Asep bersama Puskesmas Ratujaya, Jumaat (6/4/19),  melakukan visitasi memeriksa kesehatan dan fogging kepada penderita chikungunya.

"Kami baru terima laporannya seminggu lalu, akhirnya kami melapor ke Puskesmas," kata Rudi kepada kabarpublik.co.id.
Mengenai jumlah penderita, menurut Rudi, khusus di keluarga besarnya saja sekitar empat kepala keluarga (KK) atau sekitar 12-15 jiwa ditambah warga lain di lingkungan RT 01 tercatat 15 jiwa."Iya, jadi ada sekitar tigapuluh orang termasuk keluarga besar saya ada empat kepala keluarga terserang chikungunya," ujar Rudi.
Meski keluarga besarnya termasuk yang terakhir terserang chikungunya, Rudi menuturkan, dirinya tidak mau memberitahukan warga."Saya, istri, anak, tukang, kemudian keluarga adik dan kakak saya serta saudara saya yang lainnya juga," papar Rudi.
Atas nama warga, dia mengucapkan terima kasih atas kesigapan Puskesmas Ratujaya bersama Kelurahan Pondokjaya dalam merespon dan bertindak cepat turun ke lingkungannya untuk menangani.
"Alhamdulillah terima kasih kami kepada Pak Lurah bersama jajarannya dan bu dokter Opy dengan tim medis Puskesmas," ucap Rudi.
Lurah Pondokjaya, Mulyadi mengatakan, pihaknya bersama Puskesmas saat visitasi telah melakukan langkah-langkah preventif diantaranya pemeriksaan kesehatan, pengambilan sampel darah penderita chikungunya serta fogging.
Untuk sampel darah para penderita, menurut dia, telah dikirim ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.
"Alhamdulillah sekarang kondisi warga mulai pulih, tinggal menunggu hasil sampel darah dari Dinkes hari Senin (8/4/19)," kata Mulyadi kepada kabarpublik.co.id, Minggu (7/4/19).
Untuk langkah berikutnya, menurut Mulyadi, rencananya untuk memutus mata rantai akan difoging lagi tetapi menunggu hasil pemeriksaan bebas jentiknya.
"Untuk fogging dari Puskesmas khusus di RT 01/RW05, rencananya hari Jumat nanti. Untuk saya minta Pa RT memberitahukan warganya," ujar Mulyadi. (jay)


Post a Comment

0 Comments