Pemkot Depok akan Tambahkan Dana Pembangunan Bagi Kelurahan Pengumpul PBB Terbesar

KabarPublik-Balaikota
Pemkot Depok berencana memberikan tambahan dana pembangunan sebagai apresiasi kepada kelurahan yang berprestasi didalam pengumpulan pajak bumi bangunan (PBB).

Muhammad Reza
Kabarnya,  tambahan dana pembangunan untuk kelurahan mencapai Rp 250 jutaan diluar dana pembangunan kelurahan sebesar Rp 2,7 Milyar.
Ditemui di kantor, Kepala Bidang Pajak Bangunan (Kabid PB) 2 Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Depok,  Muhammad Reza membenarkan, pemberian tambahan dana pembangunan kelurahan itu bentuk apresiasi pengganti hadiah barang yang selama ini diberikan terhadap kelurahan berprestasi dalam pengumpulan PBB.
"Kami sudah mengusulkan kepada pak Walikota agar pemberian apresiasi yang selama ini dalam bentuk barang seperti sepeda motor,  televisi atau laptop atau komputer,  nanti diganti dalam bentuk tambahan dana pembangunan kelurahan," kata Reza kepada kabarpublik.co.id, beberapa waktu lalu.
Pemberian barang sebagai hadiah, menurut dia, ternyata barang-barang itu nyaris lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan jumlah staf di suatu kelurahan yang selalu memperoleh peringkat pertama pengumpulan PBB se Kota Depok.
"Sekarang ini usulan kami tengah dibahas TPAD (Tim Perencanaan Anggaran Daerah)," ujar mantan lurah Depok itu.
Kebijakan baru ini, menurut Reza, nantinya akan ditawarkan ke kelurahan untuk membangun apa, misalkan, untuk pembangunan infrastruktur lingkungan seperti jalan atau saluran lingkungan. Dengan begitu pembangunannya dirasakan langsung manfaatnya setempat."Jadi PBB itu dari oleh dan kembali lagi kepada masyarakat," tuturnya.
Mengenai berapa nilai tambahan dana tersebut dan kapan direalisasikan, Reza belum berani memastikan nilai nominalnya.
"Ya,  insha Allah... mudah-mudahan tahun depan sudah  bisa direalisasikan," pungkasnya.(jaya)

No comments:

Post a Comment